ilustrasi peretasan British Airways. Ilustrasi : Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Diretas, British Airways Ganti Rugi 380 Ribu Kartu Kredit Penumpang

Estimasi Baca:
Sabtu, 8 Sep 2018 07:05:40 WIB

Kriminologi.id - Data kartu kredit 380 ribu penumpang maskapai penerbangan British Airways diretas. Jumlah tersebut terkumpul selama dua minggu yaitu periode pemesanan 21 Agustus 2018 hingga 5 September 2018.

Dikhawatirkan data-data yang diretas akan digunakan untuk melakukan kejahatan, khususnya yang berkaitan dengan kartu kredit seperti penipuan, carding, dan phising.

Seperti dilansir BBC, CEO British Airways Alex Cruz menyatakan peretas memiliki data informasi yang cukup untuk melakukan kejahatan.

“Kami mengetahui bahwa informasi yang telah dicuri meliputi nama penumpang, alamat, alamat email, informasi kartu kredit yang meliputi nomer kartu kredit, masa berlaku kartu, dan tiga kode yang tertera di belakang kartu atau dikenal dengan Credit Verification Code (CVC) atau Card Verification Value (CVV),” ujarnya, Jumat, 9 September 2018.

Alex menuding, peretas atau hacker yang mendalangi aksi pembobolan data kartu kredit penumpang maskapa British Airways. Aksi peretas yang tergolong canggih dan berbahaya itu, menurut dia, untungnya tidak mencuri data passpor para penumpang. Peretas memiliki target yang jelas yaitu data kartu kredit penumpang British Airways.

Beberapa penumpang menceritakan kepada Britain Press Association bahwa mereka telah mencatat beberapa transaksi palsu pada kartu kredit mereka. Terdapat transaksi pemesanan tiket pesawat British Airways, padahal mereka tidak pernah melakukannya.

Alex Cruz juga mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk melakukan investigasi. Selain itu, pihak British Airways juga berkomitmen untuk memberikan kompensasi kepada para penumpang yang terbukti menjadi korban penipuan kartu kredit akibat peretasan yang terjadi.

Selain itu, website resmi British Airways juga telah mempublikasikan cara-cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan apakah data kartu kreditnya aman atau tidak dari peretasan. Artikel tersebut juga memberitahukan langkah-langkah yang dapat dilakukan para penumpang yang menjadi korban peretasan.

KOMENTAR
500/500