Ilustrasi ujaran kebencian, Ilustrasi: Kriminologi.id

Kader PKS Jadi Tersangka Ujaran Kebencian, Sebar Meme SARA di FB

Estimasi Baca:
Senin, 10 Sep 2018 16:30:46 WIB

Kriminologi.id - Polda Kalimantan Tengah menetapkan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Agus Sugianto sebagai tersangka penyebar ujaran kebencian. Agus menyebar meme bermuatan isu SARA.

"Terancam hukuman penjara selama lima tahun dan denda paling banyak Rp 500 juta," kata Direskrimsus Polda Kalteng Kombes Pol Adex Yudiswan di Palangka Raya, Senin, 10 September 2018.

Adex mengatakan, Agus yang disebut menjabat sekretari DPC PKS Kabupaten Kotawaringin Timur itu dijerat Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf B angka 1 UU noomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Agus ditangkap di rumahnya di Jalan DI Panjaitan, Gang Tiung Andai, Kabupaten Kotim pada Sabtu, 1 September 2018 sekitar pukul 15.30 WIB karena mengupload meme serta kata-kata yang mengandung SARA di akun Facebook.

Adex mengatakan, motif Agus mengunggah ujaran kebencian itu karena  tidak puas dan tidak suka dengan kinerja pemerintahan saat ini.  

"Akibat hal ketidaksukaan tersebut, dia membuat meme mengandung SARA dan dibagikan ke akun Facebook bernama Agus Sugianto Agus," terang Adex.

Adex menambahkan, semua barang bukti meme yang diupload oleh Agus telah diamankan penyidik sebagai barang bukti. Bahkan Agus telah mengakui perbuatannya itu.

"AS sangat kooperatif ketika ditanya petugas. Dia juga telah mengaku kepada penyidik sangat menyesali perbuatannya," kata Adex.

Berkaca pada kasus Agus, Adex meminta warga Kalteng lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Apalagi menjelang Pilpres dan Pileg yang ditengarai akan memanaskan tensi politik.

"Jangan mudah terpancing dengan hal-hal yang bisa membuat rugi diri sendiri," ucapnya.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500