Ustaz Abdul Somad (kanan) bersama Raja Bali Cokorda Pemecutan (kiri) saat tabligh akbar. Foto: Ist/Kriminologi.id

Penghinaan Jony Boyok, Ustaz Abdul Somad Diperiksa di Rumah

Estimasi Baca:
Minggu, 9 Sep 2018 12:10:10 WIB

Kriminologi.id - Aparat Polda Riau, melakukan pemeriksaan terhadap Ustaz Abdul Somad di rumahnya di Jalan Cipta Karya Pekanbaru. Ustaz yang kerap disapa UAS itu diperiksa sebagai saksi korban atas kasus penghinaan yang dilakukan JB melalui media sosial Facebook. 

"Kita sudah melakukan pemeriksaan di rumahnya, kemarin. Itu kan privasi. Hanya sebagai saksi korban," kata Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan Kombes Gidion, Minggu, 9 September 2018.

Menurut Gidion, UAS akan kembali menjalani pemeriksaan kembali terkait kasus penghinaan itu. Namun dia tidak menyebut waktu pemeriksaan.

Sebelumnya diberitakan, pelaku penghinaan terhadap UAS, Jony Boyok mengamankan diri di ruang Direktorat Kriminal Khusus Polda Riau, Kamis 6 September 2018. Meskipun polisi tidak menahan Joni dengan alasan ancaman hukumannya di bawah 5 tahun. 

Penyidik Polda Riau melakukan proses hukum terhadap Jony Boyok, setelah UAS secara resmi melaporkan dugaan penghinaan itu ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau.

Pelaporan itu dilakukan UAS melalui pengacara Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR).

Jony Boyok dibawa ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau, Rabu, 5 September 2018, malam oleh Front Pembela Islam Kota Pekanbaru yang secara persuasif meminta yang bersangkutan untuk diantarkan ke Polda Riau.

Kasus penghinaan terhadap UAS dilakukan oleh akun Facebook Jony Boyok yang mengunggah status hinaan UAS merupakan keturunan Dajjal dan tidak pantas disebut Ulama dan Tokoh Melayu.

"Somad biadab, keturunan dajal. Kelakuan kejahatanmu melebihi setan," tulis Jony Boyok dalam unggahan di akun tersebut, 2 September 2018 pukul 12.00 WIB.

Status tersebut ternyata memancing warga Riau dan bahkan beberapa organisasi kemasyarakatan seperti Front Pembela Islam mendatangi rumah Jony Boyok.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500