Plang kantor polisi bersama Polri dan Tiongkok. Foto:Ist/Kriminologi

Viral Kantor Polisi Bersama RI dan Tiongkok di Ketapang, Ini Faktanya

Estimasi Baca:
Jumat, 13 Jul 2018 10:12:10 WIB

Kriminologi.id - Beredar viral di media sosial sebuah foto yang menampilkan plakat warna emas bertuliskan Kantor Polisi Bersama antara Kepolisian Republik Indonesia dengan Kepolisian Tiongkok. Kantor polisi bersama itu disebut berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. 

Foto tersebut menimbulkan tanya para netizen, benarkah ada kantor kepolisian bersama Indonesia dan Tiongkok? 

Faktanya, plakat tersebut ternyata memang benar ada. Namun kantor polisi bersama seperti tertulis di plakat tersebut tidak ada. 

"Saya mengklarifikasi di kabupaten Ketapang sampai saat ini tidak ada kantor polisi bersama antara Kepolisian Shuzou dan Polres Ketapang yang ada di kabupaten Ketapang," ujar Kapolres Ketapang AKBP Sunario memberi klarifikasi melalui video yang diunggah di laman Facebook Polres Ketapang Kalbar, Jumat 13 Juli 2018.

Sunario menuturkan, yang terjadi adalah pihak kepolisian Tiongkok mengajak kerjasama antara Kepolisian Resor Suzhou dengan Polres Ketapang.

Namun saat itu pihak Polres Ketapang telah menjelaskan bahwa kerjasama itu harus dilakukan dengan Mabes Polri dan tidak bisa melalui Polres Ketapang langsung.

"Dan plakat ini yang telah beredar di media sosial itu tidak benar," kata Sunario.

Sunario menambahkan, plakat tersebut sejatinya adalah sebuah contoh yang diajukan oleh Kepolisian Tiongkok apabila terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak.

Begitupun soal kantor polisi bersama seperti tertulis di plakat tersebut, dipastikan Sunario tidak ada.

"Tidak ada sama sekali di Kabupaten Ketapang. (Kantor polisi bersama) Itu tidak ada," tegas Sunario yang menunjukkan plakat tersebut kini telah berada di tangan Polres Ketapang.

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500