Dok. Serangan militer Suriah di Gautha Timur. Foto: Anadolu News Agensy

AS: Rezim Suriah Siapkan Senjata Kimia untuk Serang Idlib

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 08:40:23 WIB

Kriminologi.id - Perwakilan khusus Amerika Serikat untuk Suriah, James Jeffrey, menyebut rezim Suriah sedang mempersiapkan senjata kimia yang akan melancarkan serangan ke provinsi barat laut Idlib.

Dalam konferensi pers kepada wartawan di Washington, James Jeffrey, Kamis, 6 September 2018, menyebut situasi di Idlib saat ini dalam kondisi berbahaya.

"Banyak bukti bahwa senjata kimia sedang dipersiapkan," kata Jeffrey, dilansir dari Anadolu Agency, Jumat, 7 September 2018.

Jeffrey mengatakan serangan oleh pasukan Suriah dan Rusia di wilayah itu bisa akan menjadi "eskalasi sembrono".

Rezim Suriah baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran di daerah itu. Kawasan tersebut diketahui dikendalikan oleh berbagai kelompok oposisi bersenjata.

Sementara itu dilaporkan artileri rezim Bashar al-Assad menyerang selatan Idlib. Seorang warga sipil tewas dan dua lainnya terluka akibat serangan.

Desa yang diserang menurut laporan Anadolu Agency dari sumber lokal, adalah Desa Temania, Tuh, Braysa dan Huwayin di Idlib. Serangan tersebut menargetkan pemukiman sipil dan mengancam nyawa warga setempat.

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500