Petugas melakukan penembakan. Foto: Pixabay.com

Baku Tembak di Kashmir, Empat Tentara dan Dua Milisi Tewas

Estimasi Baca:
Selasa, 7 Ags 2018 18:35:06 WIB

Kriminologi.id - Baku tembak antara tentara India dan militan terjadi terjadi di Gurez Valley, 180 kilometer dari barat ibu kota Srinagar, dekat Garis Kontrol (LoC), perbatasan wilayah sengketa Kashmir antara India dan Pakistan. Empat tentara India dan dua militan tewas dalam baku tembak tersebut.

Juru bicara Kementerian Pertahanan India di Kashmir mengklaim bahwa insiden itu adalah "percobaan infiltrasi", seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa, 7 Agustus 2018,

“Mereka dihadang ketika mencoba menyusup ke LoC di sisi kami. Dalam baku tembak selanjutnya, dua teroris tewas, sementara dua lainnya masih terperangkap di antara kepungan penjaga," kata Kolonel Rajesh Kalia. 

Menurut Kalia, empat tentara India yang tewas termasuk seorang perwira berpangkat mayor. Sementara operasi itu masih berlangsung hingga saat ini.

Kashmir merupakan wilayah mayoritas yang berpenduduk Muslim. Kawasan itu terbagi menjadi area yang diduduki oleh India dan Pakistan, serta sebagian kecil wilayah yang diduduki Tiongkok. 

Terkait kawasan itu, India dan Pakistan telah berperang sebanyak tiga kali yakni pada 1948, 1965 dan 1971.

Kelompok pemberontak di Jammu dan Kashmir telah berulang kali menunjukkan perlawanan ke India untuk memerdekakan diri atau bergabung dengan Pakistan.

Menurut beberapa organisasi hak asasi manusia, sejak tahun 1989, ribuan orang tewas akibat konflik di wilayah itu. AS

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500