Ilustrasi Tank Suriah, Foto: Pixabay.com

Baku Tembak Militer Suriah dengan Milisi Kurdi, 18 Tewas

Estimasi Baca:
Minggu, 9 Sep 2018 10:10:39 WIB

Kriminologi.id - Pasukan Suriah terlibat bentrokan dengan petempur Kurdi dukungan Amerika Serikat di pusat kota Qamishli, Suriah timur laut. Sedikitnya 18 orang tewas dalam pertempuran itu.

Menurut pasukan keamanan internal milisi YPG Kurdi, pertempuran itu terjadi saat iring-iringan militer Suriah memasuki daerah di kota itu.

"Mereka memasuki daerah kekuasaan kami dan menangkapi warga. Anggota patroli mengincar pasukan kami," kata pasukan keamanan internal, yang dikenal sebagai Asayish dalam sebuah pernyataan.

Pasukan Kurdi mengatakan tujuh anggotanya serta 11 tentara Suriah tewas dalam bentrokan tersebut.

Sementara sumber pendukung pemerintah mengatakan kepada media sebuah tim patroli tentara telah diserang oleh pasukan Kurdi dalam perjalanan mereka menuju bandar udara. Media itu menyebutkan bahwa beberapa prajurit terbunuh.

Petempur YPG Kurdi yang merupakan pelopor Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dukungan Amerika Serikat, menguasai sebagian besar wilayah kota. Sementara itu pasukan propemerintah mengendalikan bandara dan bagian pusat kota.

SDF telah melebarkan sayap, terutama di luar wilayah-wilayah Kurdi di utara, tempat pasukan tersebut berjuang untuk membentuk wilayah otonomi sejak konflik Suriah pecah. Wilayah kekuasaan mereka telah meluas ke Suriah utara dan timur, yang kaya akan tanah pertanian, minyak dan air.

Anggota senior YPG baru-baru ini melakukan pembicaraan dengan pejabat Suriah. Mereka berupaya mencari kesepakatan politik, yang akan mempertahankan otonomi mereka di Suriah.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500