Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Foto: Sana.sy

Dituding Dukung Suriah, AS Blokir 5 Perusahaan Penyokong Assad

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 09:50:44 WIB

Kriminologi.id - Amerika Serikat memblokir transaksi keuangan terhadap empat orang dan lima perusahaan atas tuduhan memberikan dukungan materil terhadap Pemerintah Suriah. Mereka dituduh memudahkan penyerahan senjata, bahan bakar, dan keuangan.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan, keempat orang yang dijatuhi sanksi tersebut adalah warga negara Suriah dan Lebanon. Sementara lembaga yang mendapat sanksi tersebut meliputi perusahaan yang berpusat di Suriah, Lebanon serta Uni Emirat Arab.

"Tindakan hari ini memperlihatkan bahwa Amerika Serikat akan terus melakukan tindakan nyata dan keras untuk memangkas dukungan materil buat Pemerintah (Bashar) al-Assad dan pendukungnya. Amerika Serikat akan terus menggunakan semua mekanisme yang tersedia untuk mengucilkan rejim (Bashar) al-Assad," kata pernyataan itu dikutip dari Xinhua, Jumat, 7 September 2018.

Sementara itu Departemen Keuangan AS dalam pernyataan terpisah menyatakan, mereka yang menjadi sasaran penjatuhan sanksi terlibat dalam transaksi dengan Pemerintah Bashar dan dengan ISIS.

Departemen Keuangan AS juga menyoroti pengepungan pasukan Pemerintah Suriah terhadap Provinsi Idlib.

Semua aset lembaga dan orang yang dijatuhkan sanksi di dalam jurisdiksi AS akan diblokir, dan lembaga serta warga AS secara umum akan dilarang terlibat dalam transaksi dengan mereka.

Gerilyawan Suriah diusir dari berbagai daerah penting di Ibu Kota Suriah, Damaskus, Provinsi Homs dan di wilayah Suriah Selatan. Militer pemerintah telah mengerahkan personel dan peralatan militer di seluruh Idlib dalam beberapa pekan belakangan.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500