Ilustrasi kerusakan struktur tanah yang retak akibat gempa. Foto: Pixabay

Gempa Guncang Sumenep, Warga Teriak Sembari Berhamburan Keluar Rumah

Estimasi Baca:
Rabu, 13 Jun 2018 22:32:51 WIB

Kriminologi.id - Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter (SR) sempat mengguncang Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Karena kekuatan gempa sebesar itu, diketahui tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Gempa sempat dirasakan oleh sejumlah warga di beberapa lokasi di Sumenep. Sebagian warga bahkan sempat berhamburan keluar rumah mereka lantaran mersakan guncangan cukup dahsyat. Selain itu, warga di Jalan Letnan Ramli, Kepanjin Sumenep sempat berteriak.

“Iya, warga di sini merasakan dan berteriak keluar rumah,” kata salah seorang warga, Helliyah, seperti dikutip PortalMadura.Com pada Rabu, 13 Juni 2018.

Warga lainnya bernama Alfin yang saat kejadian tengah berada di Desa Juruan Laok, Batuputih, atau berjarak 24 kilometer dari kota Sumenep ke arah timur daya, juga merasakan guncngan gempa tersebut. 

“Di sini ada gempa. Cukup terasa,” kata Alfin.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitternya mengonfirmasikan bahwa gempa terjadi pada Rabu, 13 Juni 2018 sekitar pukul 20.06 WIB.

Lokasi gempa berada di koordinat 6,88 Lintang Selatan dan 113,94 Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat pada 6 km arah timur laut dari Sumenep di kedalaman sekitar 12 sampai 15 km. Gempa dirasakan dalam skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI). 

Penulis: Tito Dirhantoro
KOMENTAR
500/500