Koalisi Pimpinan Arab Saudi Luncurkan Operasi Militer di Yaman

Estimasi Baca :

Ilustrasi serangan pesawat tempur Arab Saudi, Foto: Antaranews.com - Kriminologi.id
Ilustrasi serangan pesawat tempur Arab Saudi, Foto: Antaranews.com

Kriminologi.id - Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi, melancarkan operasi militer guna merebut kembali pelabuhan Yaman Al-Hudaydah dari kelompok militan Houthi di Yaman, Rabu, 13 Juni 2018. Pasukan koalisi mendeteksi sejumlah lokasi yang digunakan oleh militan untuk melakukan perlawanan.

"Operasi untuk merebut kembali kota dan pelabuhan Al-Hudaydah telah dimulai," kata juru bicara militer Yaman Abdullah al-Shuabi dikutip Anadolu Agency, Rabu, 13 Juni 2018.

Al-Shuabi mengatakan pasukan pemerintah telah menangkap situs militer besar di pintu masuk selatan kota. Selain itu, sejumlah pemberontak Houthi telah menyerahkan diri pada jam-jam pertama serangan itu. 

Suara ledakan dan pemboman terdengar di pinggiran selatan kota pelabuhan oleh pesawat tempur koalisi pimpinan Saudi.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Yaman mengatakan telah menggunakan semua cara damai dan politik untuk mengusir pemberontak Houthi dari pelabuhan strategis.

Pelabuhan Al-Hudaydah adalah jalur pasokan vital yang melaluinya sebanyak 80 persen bantuan kemanusiaan untuk Yaman yang dilanda perang dilaluinya.

Yaman didera kekerasan bersenjata sejak 2014, ketika kelompok Syiah Houthi menguasai banyak wilayah, termasuk ibukota Sanaa.

Konflik meningkat pada tahun 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Sunni-Arab - yang menuduh Houthi melayani sebagai proxy Iran - meluncurkan kampanye udara besar-besaran di Yaman yang bertujuan untuk mengembalikan keuntungan Houthi.

Baca Selengkapnya

Home Hard News Kamneg & HAM Koalisi Pimpinan Arab Saudi Luncurkan Operasi Militer di Yaman

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu