Pesawat tempur Arab Saudi, Foto: Antaranews.com

Koalisi Pimpinan Saudi Gempur Pusat Radar Milisi Houthi Yaman

Estimasi Baca:
Minggu, 9 Sep 2018 20:05:52 WIB

Kriminologi.id - Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi kembali melakukan serangan udara terhadap milisi Houthi di Yaman. Pesawat tempur koalisi menghantam pusat radar milik kelompok Houthi di Sa'dah.

Kantor berita resmi Arab Saudi SPA melaporkan, Juru Bicara Pasukan Koalisi, Kolonel Turki al-Maliki menyatakan bahwa pesawat koalisi menyerang pusat radar, di daerah Sahar, Sa'dah, demikian laporan Anadolu, Minggu, 9 September 2018.

Menurut Maliki, radar terebut biasa digunakan untuk memantau pesawat koalisi di Jabal Anam, Saada.

Serangan udara itu membuat pusat radar tersebut tak layak digunakan kembali. Sementara itu serangan juga menewaskan beberapa insinyur Houthi yang bertugas di pusat radar itu pada Jumat, 7 September 2018.

Namun Maliki tak memberikan informasi terkait jumlah korban tewas. Maliki juga mencatat bahwa pesawat koalisi menggempur beberapa peluncur rudal di distrik al-Safra.

Konflik peperangan di Yaman berlangsung sejak 2014. Konflik berawal saat kelompok pemberontak Houthi menguasai ibu kota Sanaa dan sebagian besar wilayah negara. Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional melarikan diri ke Arab Saudi.

Pada 2015, Arab Saudi dan sekutunya melancarkan udara besar-besaran untuk menggulingkan pertahanan Houthi. Menurut PBB, perang saudara Yaman telah menewaskan lebih dari 10.000 jiwa dan menyebabkan lebih dari 11 persen populasi mengungsi.

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500