Ilustrasi penembakan. Foto: Pixabay

Liput Perusahaan Militer, Tiga Wartawan Rusia Tewas Ditembak

Estimasi Baca:
Rabu, 1 Ags 2018 08:05:26 WIB

Kriminologi.id - Tiga wartawan Rusia tewas setelah sejumlah orang tak dikenal menembaki mobil yang dikendarai mereka di Republik Afrika Tengah (CAR). Ketiga wartawan itu tengah meliput kegiatan kelompok Wagner, sebuah perusahaan kontraktor yang tengah menjalankan misi rahasia.

Ketiga wartawan tersebut bernama Orhan Dzhemal, Alexander Rastorguyev and Kirill Radchenko yang tengah berada di CAR untuk menjalankan tugas jurnalistik, menurut laman berita daring Rusia, Pusat Pengendalian Penyelidikan (TsUR), seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 1 Juli 2018.

Dzamel adalah seorang koresponden perang yang terluka ketika melaporkan peperangan di Suriah. Sementara Rastorguyev telah menerima banyak hadiah untuk film dokumenternya. Kirill Radchenko merupakan seorang juru kamera.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan, jenazah ketiga wartawan itu telah dibawa kembali ke ibu kota CAR, Bangui.

TsUR mengatakan ketiga wartawan mereka tengah menyelidiki kegiatan kelompok Wagner, sebuah perusahaan kontraktor militer swasta yang tengah menjalankan misi rahasia untuk bertempur membela kepentingan Kremlin di Ukraina dan Suriah.

Wagner telah beroperasi di CAR sejak Rusia mengirim persenjataan ringan bagi militer di negara tersebut pada 2018. Rusia juga mengirim ratusan pengajar militer dan sipil untuk melatih angkatan bersenjata CAR. Namun otoritas Rusia membantah telah mempekerjakan grup Wagner untuk menjalankan misi mereka.

Sementara itu mengutip rt.com, Rabu, 1 Agustus 2018, pihak kepolisian setempat menduga penembakan itu terjadi terkait kasus perampokan.

Wali kota Sibut, Henri Depele, mengatakan para wartawan itu tewas pada sekitar pukul 10.00 Senin malam waktu setempat (atau Selasa 04.00 WIB) saat berkendara dengan mobil. Sementara sopir kendaraan itu selamat.

"Menurut penjelasan sang supir, saat mereka berada sekitar 23 km dari pusat kota Sibut, sejumlah pria bersenjata tiba-tiba muncul dari semak-semak dan langsung menembaki kendaraan yang korban gunakan. Ketiga wartawan tewas seketika," kata dia.

TsUR menyatakan bahwa tiga jurnalis mereka terbang ke CAR pada Jumat dan terakhir kali menjalin kontak dengan para korban pada Minggu malam.

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500