Kebakaran Pasar Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Foto: Oedjhie1/Twitter

Pasar Gedebage Kebakaran, Ratusan Lapak Sayur dan Daging Dilalap Api

Estimasi Baca:
Senin, 3 Sep 2018 19:40:59 WIB

Kriminologi.id - Kebakaran kembali terjadi di Pasar Gedebage Kota Bandung, Jawa Barat. Pada pertengahan Juli 2018 lalu, pasar induk ini juga sempat mengalami kebakaran yang menghanguskan ratusan kios.

Kebakaran dilaporkan terjadi sejak pukul 17.00 WIB, Senin, 3 September 2018. Api yang melalap ratusan kios di pasar tersebut diduga berasal dari los daging.

"Saat itu ada pengunjung berteriak api, lalu dipadamkan sama pedagang lainnya, namun terus membesar," papar Yadi kepada Kriminologi.id di lokasi.

Yadi menambahkan, kebakaran yang terjadi selain melanda los 3 hingga los 6, juga membakar sebagian kios sementara yang dibangun pasca kebakaran pada Juli lalu.

"Selain los daging, juga kios sementara yang terbakar. Kios sementara dibangun pasca kebakaran Juli 2018 lalu," terangnya.

Sementara itu data dari Diskar Kota Bandung menyebutkan ada 19 unit mobil damkar yang dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

"19 unit pemadam kebakaran, masing-masing dari Kota Bandung dan beberapa unit milik pabrik di sekitar Gedebage," jelas Kadiskar Kota Bandung, Ferdi Ligaswara di lokasi kejadian.

Ferdi mengatakan pihak Damkar belum bisa memastikan penyebab kebakaaran karena masih fokus pada upaya pemadaman.

"Belum ya , kami fokus pemadaman karena material api yang mudah terbakar," jelasnya.

Menurutnya, luas bagian pasar yang terbakar yakni 12.000 meter persegi (luas per kios jongko +/- 4 x 6 m).

"Korban jiwa masih kami pantau, sekarang kami proses pemadaman. Karena sebagian besar material yang terbakar yakni papan, bahan makanan seperti bawang, cabe merah, dan daging serta bahan makanan toko kelontong," terangnya.

Reporter: Arief Pratama
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500