PBB Sahkan Resolusi Perlindungan Warga Sipil Palestina

Estimasi Baca :

Dok. Sidang PBB. Foto: un.org - Kriminologi.id
Dok. Sidang PBB. Foto: un.org

Kriminologi.id - Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB mensahkan satu resolusi yang mendesak perlindungan untuk warga sipil Palestina dalam Sidang Majelis Umum  yang digelar Rabu, 13 Juni 2018. Sebelumnya PBB menolak tuntutan Amerika Serikat yang ingin menambahkan pengutukan serangan terhadap Israel oleh HAMAS.

Resolusi tersebut menyampaikan perlunya untuk melakukan tindakan "guna menjamin keselamatan dan kesejahteraan warga sipil dan menjamin perlindungan mereka, serta memastikan pertanggung-jawaban bagi semua pelaku pelanggaran", dalam konteks peningkatan konflik belakangan ini antara rakyat Palestina dan Israel.

Resolusi dukungan Arab tersebut disahkan melalui pemungutan suara dengan 120 berbanding delapan dan 45 abstein, seperti dilansir dari Antara, Kamis, 14 Juni 2018.

Dalam keputusan itu juga mencela penggunaan kekuatan secara berlebihan, tidak sepadan dan membabi-buta oleh pasukan Israel terhadap warga sipil Palestina. 

Resolusi tersebut, yang mulanya ditaja oleh Aljazair, Turki dan Palestina, mendapat penajaman dari lebih banyak negara yang diumumkan oleh tak lama sebelum pemungutan suara bagi pengesahannya.

Resolusi Sidang Majelis Umum PBB menyampaikan keinginan politik kuat masyarakat internasional, namun, tak seperti resolusi Dewan Keamanan, resolusi Sidang Majelis Umum tidak mengikat secara hukum.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, yang mengajukan perubahan, mengatakan resolusi Sidang Majelis Umum "memihak", dan menganggap HAMAS "sepenuhnya tak bertanggung-jawab" dan menyalahkan Israel untuk semuanya.

Baca Selengkapnya

Home Hard News Kamneg & HAM PBB Sahkan Resolusi Perlindungan Warga Sipil Palestina

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu