Perang 24 Jam, Tentara Afghanistan Klaim Bunuh 200 Gerilyawan Taliban

Estimasi Baca :

Ilustrasi foto: Kurdishstruggle/foter.com - Kriminologi.id
Ilustrasi foto: Kurdishstruggle/foter.com

Kriminologi.id - Pemerintah Afghanistan mengklaim pasukan tentaranya telah menewaskan hampir 200 gerilyawan Taliban dan militan pro Daesh selama kurun waktu 24 jam terakhir dalam bentrokan yang terjadi baru-baru ini.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Kementerian Pertahanan Afghanistan, menyebut tentara Afghanistan telah melakukan serangan udara dan darat di beberapa daerah antara lain Nangarhar, Kunar, Parwan, Ghazni, Uruzgan, Zabul, Farah, Badghes, Faryab, Badakhshan, dan Helmand. Terkait serangan itu, pemerintah Afghanistan mengklaim telah menewaskan 118 militan.

Serangan tersebut juga melukai menteri era Taliban Amir Khan Muttaqi, sementara dua anggota dari Queeta Shura (dewan kuat Taliban yang berbasis di Pakistan) dan dua gubernur provinsi bayangan Taliban dinyatakan tewas.

Secara terpisah, pejabat di Paktia Tenggara mengatakan bahwa 81 gerilyawan Taliban tewas dalam pertempuran senjata di dua kabupaten di provinsi itu.

Hal yang sama juga dikatakan Sardar Wali, jurubicara markas polisi setempat. Wali mengatakan pos pemeriksaan keamanan di distrik Ahmad Aba dan Zurmat diserang pada Rabu malam, 11 Juli 2018 waktu setempat. Dalam pertempuran itu disebut 81 militan dan delapan personel keamanan tewas.

Serangan baik melalui darat maupun udara telah terjadi hampir di seluruh wilayah Afghanistan sejak berakhirnya gencatan senjata bulan lalu. Taliban telah mengecam konferensi agama internasional yang digelar baru-baru ini untuk perdamaian di Afghanistan oleh Arab Saudi. Konferensi itu menyerukan kepada Taliban untuk menyudahi kekerasan dan bergabung dalam proses perdamaian.

Baca Selengkapnya

Home Hard News Kamneg & HAM Perang 24 Jam, Tentara Afghanistan Klaim Bunuh 200 Gerilyawan Taliban

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu