Kabidhumas Polda Papua, Ahmad Kamal. Foto: Tribratanews

Polda Papua Jadikan WN Polandia Tersangka Kasus Makar

Estimasi Baca:
Kamis, 30 Ags 2018 21:30:28 WIB

Kriminologi.id - Warga negara Polandia, berinisial JFS ditetapkan menjadi tersangka kasus makar. Selain itu, penyidik Direktorat Reskrim Umum Polda Papua juga menetapkan dua orang lainnya sebagai tersangka, yakni YS dan SM.

"Ketiga tersangka yang ditahan di Mapolda Papua itu dikenakan Pasal 106, Pasal 110 dan Pasal 111 jo 53 serta Pasal 55 KUHP," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal di Jayapura, Kamis, 30 Agustus 2018.

Ia menjelaskan, tim gabungan Polda Papua dan Polres Jayawijaya menangkap JFS di Wamena pada Minggu, 26 Agustus 2018 sekitar pukul 11.35 WIT. JFS ditangkap saat hendak berkunjung ke Danau Habema.

Saat itu, Kamal menambahkan, JFS bersama tiga rekannya yakni NW, EW dan HW. JFS sempat dilepas, namun keesokan harinya ditangkap lagi dan dibawa ke Mapolda Papua untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Dari hasil pengembangan, ia mengaku, tim kemudian berhasil mengamankan 139 butir amunisi yang dimiliki IW alias BL di Elelim, Kabupaten Yalimo," ujarnya.

Saat ini, menurut dia, penyidik sudah meminta keterangan empat saksi. Penyidik, ia melanjutkan, juga mengamankan berbagai barang bukti berupa satu telepon selular, transkrip percakapan tersangka, dokumen perjuangan TPN/OPM dan 139 butir amunisi yang terdiri dari 104 butir amunisi kaliber 5,56 mm dan 35 butir amunisi kaliber 9 mm.

"Keempat saksi yang sudah dimintai keterangannya yaitu CAS, SW, EW, IW alias BL," kata Kamal.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500