Separatis Papua, Ilustrasi: Kriminologi.id

Polisi Gagalkan Acara Deklarasi Negara Papua Barat di Kampus Uncen

Estimasi Baca:
Rabu, 1 Ags 2018 18:30:33 WIB

Kriminologi.id - Polisi membubarkan acara deklarasi kelompok separatis yang menamakan diri Republik Federal Papua Barat (NRFPB) di Jayapura, Papua.

Acara itu semula akan digelar di kampus Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua pada Selasa, 31 Juli 2018. Namun berhasil dibatalkan sebelum acara dimulai pada pukul 11.00 WIT

"Saya sudah dapat laporan dari Papua, itu sudah didatangi petugas," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Jakarta, Rabu, 1 Agustus 2018.

Informasi soal acara deklarasi kelompok yang menamakan dirinya sebagai Pemerintahan Sementara Republik Papua Barat atau NRFPB itu semula beredar luas di masyrakat.

Acara itu mengundang seluruh warga Papua Barat untuk hadir di halaman kampus Universitas Cenderawasih di samping auditorium Abepura pada pukul 11.00 WIT.

Setyo mengatakan, selain membubarkan acara deklarasi yang belum sempat dimulai itu, polisi juga menyita spanduk-spanduk acara tersebut. 

"Mereka pun sudah membubarkan diri. Jadi sudah tidak ada masalah," ujar Setyo.

Setyo menuturkan, pembubaran acara deklarasi kelompok separatis itu berlangsung dengan lancar. Tak ada perlawanan dari panitia maupun peserta acara deklarasi tersebut.

"Tidak ada yang diamankan. Mereka belum berkegiatan, kami sudah dapat infonya terlebih dulu," kata Setyo.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500