Bom fosfor di Suriah. Foto: Twitter/@BitarSaif

Rusia Tuding Dua Jet Amerika Pakai Bom Fosfor di Suriah

Estimasi Baca:
Senin, 10 Sep 2018 19:15:51 WIB

Kriminologi.id - Tentara Rusia menuding dua jet tempur F-15 Amerika Serikat menjatuhkan bom fosfor di Provinsi Deir al-Zor Suriah Sabtu, 8 September 2018. Serangan udara itu membidik Desa Hajin, kubu besar terakhir ISIS di Suriah, dan mengakibatkan kebakaran. Tidak ada laporan tentang korban dalam serangan itu.

Juru bicara Pentagon membantah bahwa pesawat Amerika Serikat menjatuhkan bom fosfor di kawasan itu.

"Pada saat ini, kami belum menerima laporan apa pun tentang penggunaan fosfor putih. Tidak ada satu pun satuan tentara di daerah itu dilengkapi dengan peluru fosfor putih,"  kata Komandan Sean Robertson.

Kelompok hak asasi manusia menyatakan sekutu pimpinan Amerika Serikat dalam melawan ISIS menggunakan peluru fosfor putih dalam perang Suriah. Bom itu dapat membuat tabir asap putih tebal dan digunakan sebagai pembakar.

Kelompok hak asasi mengecam penggunaan peledak itu di daerah berpenduduk karena dapat membunuh dan melukai dengan membakar orang hingga ke tulang.

Sekutu atau pasukan mitra kemungkinan melakukan serangan udara pada Juli di Suriah timur, tempat sisa petempur IS bersembunyi, kata Sekutu.

Ketegangan Amerika Serikat-Rusia meningkat dalam beberapa hari belakangan saat pemerintah Trump mempertimbangkan serangan manakala Suriah mengabaikan peringatan AS tentang penggunaan senjata kimia dalam serangan, yang diperkirakan dilakukan terhadap Idlib, daerah kantong besar terakhir pemberontak Suriah.

Jet Rusia dan Suriah melanjutkan serangan di Idlib dan Hama pada Minggu ketika Damaskus meningkatkan serangannya setelah temu puncak Rusia-Iran-Turki gagal menyetujui gencatan senjata.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500