Ilustrasi serangan udara. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Serangan Udara AS Tewaskan 35 Tentara Afghanistan dan Warga

Estimasi Baca:
Rabu, 8 Ags 2018 12:12:49 WIB

Kriminologi.id - Sebanyak 35 tentara Afghanistan dan warga sipil tewas dalam serangan udara yang digelar Amerika Serikat terhadap gerilyawan Taliban di distrik Logar, 100 mil ke selatan ibu kota Kabul. 

Abdul Wali, wakil ketua majelis provinsi, mengatakan bahwa pasukan AS menargetkan pejuang Taliban di Azrah namun menyerang pasukan keamanan Afghanistan.

"Taliban bergerak menuju pusat distrik dan jika pasukan tambahan tidak dikirim ke daerah itu, distrik itu mungkin jatuh ke tangan Taliban," kata Wali seperti dikutip dari Anadolu Agency, Rabu, 8 Agustus 2018.

Distrik Logar terletak 100 mil ke selatan Kabul. Kawasan itu merupakan kota kelahiran Presiden Mohammad Ashraf Ghani, di mana Taliban memiliki keberadaan yang signifikan.

Nusrat Rahimi, seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri, mengkonfirmasi hanya sembilan tentara terbunuh dalam insiden itu setelah pasukan Afghanistan memanggil pasukan udara bantuan.

Sementara NATO menegaskan bahwa Pasukan AS di Afghanistan melakukan penyerangan untuk mendukung operasi Afghanistan di distrik Azrah pada Selasa, 7 Agustus 2018.

"Kami mengetahui berbagai laporan yang belum dikonfirmasi (tentang korban sipil) dan sedang menyelidiki masalah ini lebih lanjut," kata biro pers dari Misi Dukungan Teguh yang dipimpin NATO kepada Anadolu Agency. AS

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500