Dok. Bom mobil meledak saat akan dijinakkan di Kabul, Afghanistan (30/4/2018). Foto Anadolu Agency

Taliban Serang Konvoi Militer Tewaskan 90 Orang, Termasuk Gubernur

Estimasi Baca:
Rabu, 29 Ags 2018 13:20:38 WIB

Kriminologi.id - Lebih dari 90 orang tewas dan 50 lainnya terluka dalam bentrokan bersenjata antara pasukan keamanan Afghanistan dengan Taliban distrik Qaisar. Bentrokan senjata terjadi saat konvoi militer diserang militan Taliban.

Menurut Mohammad Taher, ketua majelis provinsi Faryab, dikutip dari Anadolu Agency, Rabu, 29 Agustus 2018, sebuah konvoi kendaraan Tentara Nasional Afghanistan (ANA) diserang militan Taliban.

Konvoi tersebut terdiri dari sekitar 350 personel pihak militer dan diserang saat melintasi distrik Qaisar. Taher mengatakan, sebanyak 90 militan terbunuh dan lebih dari 50 luka-luka akibat insiden itu. 

Korps militer 209-Shaheen ANA melalui sebuah pernyataan mengungkapkan, empat tentara tewas dan tujuh lainnya terluka dalam baku tembak tersebut. 

Sementara itu dilansir sbs.com.au, konvoi kendaran yang berjumlah sekitar 80 unit meninggalkan satu pangkalan militer di distrik Gormach dan menuju Maimana, ibu kota Faryab. Sekitar 10 hingga 20 kendaraan yang tersisa di lokasi kemudian dihancurkan oleh serangan udara.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Badghes Qari Mohammad Ayub, juga menjadi korban jiwa dalam gempuran serangan udara dan darat di Qaisar. 

Sementara itu juru bicara Taliban Qari Yosuf Ahmadi menyatakan Taliban telah membunuh puluhan tentara.

"Taliban telah membunuh puluhan tentara dan menghancurkan sejumlah kendaraan militer di daerah Chahr Shunba dan Chilgazi di provinsi itu," katanya dalam laporan melalui Twitter.

Radio Salam Afghanistan menyebutkan bahwa pasukan keamanan telah mengosongkan sejumlah pos di jalur Heart-Faryab untuk menghindari insiden serupa di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota dan dekat dengan kubu militan.

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500