Kebakaran hanguskan sekitar 10 hektar padang rumput sejumlah bukit yang berada di Gili Lawa, Taman Nasional Komod, NTT. Foto: Ist/Kriminologi.id

Taman Nasional Komodo Gili Lawa Kebakaran, Pelaku Diduga Wisatawan

Estimasi Baca:
Jumat, 3 Ags 2018 11:55:27 WIB

Kriminologi.id - Kebakaran hutan terjadi di Gili Lawa, kawasan Taman Nasional (TN) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 2 Agustus 2019 malam. Belum dipastikan luas lahan yang terbakar, namun lahan yang terbakar didominasi padang savana.

"Kejadiannya (kebakaran hutan savana) di Gili Lawa," kata Kepala Balai TN Komodo, Budi Kurniawan, Kamis, 2 Agustus 2018 malam.

Budi menyatakan, kejadian itu diketahui bermula dari adanya laporan seorang pemandu wisata sekitar Pukul 18.15 Wita. Kemudian Balai TN Komodo langsung merespon dengan mengerahkan petugas dari Res Loh Sebita dan Res Padar untuk melakukan pemadaman.

Selanjutnya, menyusul tim pemadam kebakaran Balai TN Komodo yang terdiri dari 30 orang yang dikerahkan dari Labuan Bajo menuju tempat kejadian sekitar Pukul 22.00 Wita.

"Kami langsung meminta pemandu wisata yang memberikan informasi untuk mendata pengunjung yang terakhir turun dari bukit yang merupakan lokasi terjadinya kebakaran dan menahan mereka," katanya.

Budi menjelaskan, tim pemadaman segera melakukan upaya pemadaman api, sedangkan empat orang melakukan pemeriksaan terharap awak kapal dan pemandu yang diduga sebagai pelaku penyebab terjadinya kebakaran.

Para petugas telah menyita KTP pemandu dan nakhoda serta dokumen-dokumen kapal untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Hasil pemeriksaan sementara diduga penumpang kapal "Indonesia Juara" sebagai pelaku terjadinya kebakaran," katanya.

Ia menambahkan, api baru bisa dinyatakan padam pada Jumat, 3 Agustus 2018, sekitar Pukul 03.15 Wita.

Saat ini proses penyelidikan sementara dilakukan pihak Kepolisian Resor Manggarai Barat bersama-sama PPNS Gakkum.

RZ

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500