TNI tangkap pemilik ladang ganja di Wamena, Papua, Kamis, 2 Agustus 2018, Foto: Antaranews.com

TNI: Ladang Ganja Diduga Danai KKB, Bendera Bintang Kejora Jadi Bukti

Estimasi Baca:
Jumat, 3 Ags 2018 17:25:10 WIB

Kriminologi.id - Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Yonif 756/Wimane Sili (WMS) mengungkap ladang ganja seluas 1.500 meter di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Diduga, ladang ganja tersebut merupakan satu sumber pendanaan untuk membiayai aktivitas kelompok separatis atau kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah pegunungan, Papua.

Komandan Batalion Infanteri (Danyonif) 756/Wimane Sili Mayor Inf Arief Situmeang mengatakan, dugaan itu muncul saat menangkap pemilik ladang ganja,  AL (36). Ternyata yang bersangkutan membawa atribut berciri khas kelompok berseberangan.

"Kami serahkan pendalamannya kepada kepolisian untuk tahapan hukum selanjutnya. Jangan sampai dugaan awal kita tentang kegiatan kelompok separatis, jangan sampai indikasi awalnya di sini, narkoba ini mendanai kegiatan itu," kata Arief di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, 3 Agustus 2018.

Arief mengatakan, dari telepon genggam yang diamankan, ditemukan nomor telepon orang-orang yang tidak dikenal.

"Ada juga indikasi barang bukti yang dipanen bukan dari kebun itu, karena kebun yang kita datangi masih dalam keadaan belum dipanen," katanya lagi.

Menurut dia, ganja bersama pemilik serta sepeda motor yang digunakan sudah diserahkan kepada polisi.

Ia mengatakan, penemuan ladang ganja berawal saat personel TNI di Pos Pam Rawan melakukan razia dan menemukan seorang pria membawa ganja, bersama beberapa atribut berciri khas kelompok berseberangan seperti bendera bintang kejora, baju dan noken.

"Menurut keterangan pengedar, setelah kami telusuri diketahui bahwa dia melaksanakan penanaman, ada ladangnya. Kami desak sampai dia mengaku ada tempatnya di Kampung Pirambut, Distrik Wolo," katanya.

Penemuan ladang ganja ini berawal dari laporan warga. Satgasus berhasil menangkap AL pada Kamis, 2 Agustus 2018, setelah yang bersangkutan terjaring razia yang dilakukan anggota Yonif 756 di Pos Kurulu. Anggota menemukan AL membawa paket ganja siap edar seberat 95,20 gram.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500