Presiden AS Donald Trump (kanan) bersalaman dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) pada awal pertemuan bersejarah AS-Korea Utara, di Hotel Capella, pulau Sentosa di Singapura, Selasa (12/06/2018). Foto: Anadolu

Trump Komitmen Jamin Keamanan Korut Selama Penyelesaikan Denuklirisasi

Estimasi Baca:
Selasa, 12 Jun 2018 18:15:29 WIB

Kriminologi.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji menyelesaikan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Washington juga berkomitmen menyediakan jaminan keamanan bagi Korea Utara.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan, Selasa, 12 Juni 2018, mengatakan pertemuan tersebut menjadi puncak bersejarah mereka di Singapura.

"Presiden Trump berkomitmen menyediakan jaminan keamanan kepada DPRK (Democratic People's Republic of Korea) dan Ketua Kim Jong Un menegaskan kembali komitmen kuat dan teguhnya untuk merampungkan denuklirisasi Semenanjung Korea," demikian sebuah pernyataan bersama.

Menteri Luar Negeri AS Mikie Pompeo dan para pejabat Korut akan mengadakan perundingan lanjutan untuk menindaklanjuti pertemuan itu.

Namun, pernyataan itu tidak memberikan rincian mengenai bagaimana denuklirisasi akan dicapai. Dokumen itu juga tak menyebutkan sanksi-sanksi internasional yang telah melumpuhkan ekonomi Korea Utara, untuk mengejar program senjata nuklirnya.

Dalam pernyataan bersama tersebut tidak menyatakan kedua pihak telah sepakat untuk memulihkan sisa-sisa tawanan perang dan mereka yang hilang dalam tugas dan memulangkannya.

Sebelum dokumen tersebut ditantatangani, Kim mengatakan kedua pemimpin mengatakan pertemuan bersejarah dan memutuskan untuk meninggalkan masa lalu. Dunia masih ingin melihat perubahan besar.

Trump mengatakan ia telah menjalin "ikatan khusus" dengan Kim dan hubungan dengan Korut akan sangat berbeda.

"Orang-orang akan sangat terkesan dan orang-orang akan sangat girang dan kami akan menyelesaikan sebuah masalah yang sangat berbahaya untuk dunia," kata Trump. ANT

Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500