Presiden AS Donald Trump (kanan) bersalaman dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) pada awal pertemuan bersejarah AS-Korea Utara, di Hotel Capella, pulau Sentosa di Singapura, Selasa (12/06/2018). Foto: Anadolu

Trump Tegaskan Korea Utara Bukan Lagi Ancaman Nuklir

Estimasi Baca:
Kamis, 14 Jun 2018 14:05:29 WIB

Kriminologi.id - Korea Utara diklaim tidak lagi menjadi ancaman nuklir. Menurut Presiden Amerika Serikat Donald Trump setelah disetujuinya kesepakatan antara  dirinya dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, di Singapura.

"Semua orang sekarang dapat merasa jauh lebih aman daripada hari ketika saya menjabat," kata Trump lewat akun Twitter, Rabu, 13 Juni 2018.

"Tidak ada lagi ancaman Nuklir dari Korea Utara. Bertemu dengan Kim Jong Un adalah pengalaman yang menarik dan sangat positif. Korea Utara memiliki potensi besar untuk masa depan!"

Menurut sejumlah kritikus, Trump telah terlalu banyak berkorban untuk mendapatkan rancangan untuk denuklirisasi Semenanjung Korea di masa depan, tetapi Trump telah mantap dengan  pandangannya Rabu pagi setelah dia kembali dari Asia.

Media resmi Korea Utara pada hari Rabu merayakan hasil penting dari pertemuan hari sebelumnya antara Trump dan Kim, termasuk pendekatan bertahap untuk denuklirisasi Korea Utara dan harapan bahwa Kim akan mengunjungi Gedung Putih.

Menurut kantor berita KCNA milik Pyongyang, kedua pemimpin menerima undangan timbal balik satu sama lain. Kunjungan semacam itu yang melibatkan pemimpin AS dan Korea Utara belum pernah terjadi sebelumnya.

Sementara Kim dan Trump tampak senang dengan kesepakatan luas mereka bahwa Korea Utara akan denuklirisasi sebagai imbalan jaminan keamanan untuk Amerika, kesepakatan mereka tidak membuat rencana yang jelas tentang target awal Washington yang ingin menghapus senjata nuklir Korut "secara keseluruhan, dapat dipastikan dan tidak dapat dibuat kembali".

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500