Penyelundupan Benih Lobster Rp 10 M Digagalkan, Cukongnya Diburu

Estimasi Baca :

Benih Lobster, Foto: Antara - Kriminologi.id
Benih Lobster, Foto: Antara

Kriminologi.id - Sebuah rumah yang dijadikan sebagai gudang penyimpanan benih lobster di Kampung Kosambi, Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten digerebek oleh anggota Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Mabes Polri. Sekitar 50 ribu benih lobster yang ditemukan di lokasi tersebut diduga akan dikirim ke Jambi dan selanjutnya diselundupkan ke Singapura.

"Aset kerugian negara yang diselamatkan dalam penggerebakan ini sekitar Rp 10 miliar," kata Kanit Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Kompol Agung Yudi Adi Nugraha kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 17 April 2018.

Menurut Agung, saat melakukan penggerebekan pada Senin, 16 April 2018 itu petugas juga mengamankan 10 orang di lokasi yang merupakan pekerja.

Agung merinci 10 orang yang diamankan itu terdiri dari 9 orang pekerja yang bertugas melakukan packing, dan 1 orang pekerja yang bertugas sebagai penjaga gudang. 

"Jadi semuanya 10 orang yang kami amankan. Kalau tersangka belum, ya ini baru kami amankan saja," ucap Agung.

Agung mengatakan, 10 orang yang diamankan dalam penggerebekan itu merupakan warga setempat. Dari pengakuan para pihak yang diamankan diketahui gudang tempat penyimpanan benih lobster tersebut sudah beroperasi sejak 3 April 2018 yang lalu.

"Gudang itu sudah beroperasi sejak 3 April, pengiriman sendiri sudah 5 kali dan ini sudah masuk yang ke 6 kali," kata Agung.

Agung juga menjelaskan, benih lobster yang diamankan itu merupakan benih yang berasal dari Pantai Selatan Sukabumi dan Pantai Binuangeun di Kabupaten Pandeglang.

"Dari pengembangan informasi sebelumnya yang sudah kita ungkap, akhirnya hasil pengembangan kita ketemu di sini," ujar Agung menjelaskan soal informasi awal penggerebekan yang dilakukan.

Setelah mengamankan 10 orang pekerja, kini petugas kepolisian memburu pemilik dan pendana alias cukong kegiatan bisnis ilegal tersebut. Identitas sang cukong telah diketahui petugas. 

"Ini ada bos yang menggerakan dan kini masih dalam pengejaran kita. Identitasnya sudah dikantongi dan kini masih dalam pengejaran," tuturnya. RZ

Baca Selengkapnya

Home Hard News Kerah Putih Penyelundupan Benih Lobster Rp 10 M Digagalkan, Cukongnya Diburu

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu