Gedung Kantor First Travel, Foto: istimewa

Terungkap di Sidang, First Travel Pakai Artis untuk Promosi

Estimasi Baca:
Rabu, 14 Mar 2018 17:10:35 WIB
Vicky Shu harus mengunggah foto dan video beserta rombongan jamaah serta testimoni jamaah ke akun media sosial pribadinya.

Kriminologi.id - Biro perjalanan First Travel terbukti menggunakan jasa artis atau public figure sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk perjalanan mereka. Hal itu terungkap persidangan kasus First Travel di Pengadilan Negeri Depok, Rabu, 14 Maret 2018, yang menghadirkan Vicky Veranita Yudhasoka atau Vicky Shu.

Jaksa penuntut yang dipimpin oleh Heri Jerman mengatakan, dari keterangan yang diberikan Vicky Shu di Persidangan, First Travel melalui Anniesa Hasibuan menawarkan umrah gratis kepadanya.

Namun Vicky Shu harus mengunggah foto dan video beserta rombongan jamaah serta testimoni jamaah ke akun media sosial pribadinya. Perjalanan umrah itu dilakukan Vicky Shu yang kedua kalinya pada Maret 2017.

Baca: Kenal Anniesa First Travel di Fashion Show AS, Vicky Shu Umrah Gratis

Menurut Heri, dalam dakwaan jaksa salah satu alat promosi selain ongkos yang murah atau paket promo yang ditawarkan, juga menggunakan jasa artis untuk menarik para calon jamaah umrah.

"Ini jelas ya. Dia sudah umrah dua kali, yang pertama bayar dan kedua gratis dengan perjanjian dengan terdakwa dia harus memposting foto-fotonya selama kegiatan umrah di medsos pribadinya. Dari posting-postingan itulah biar dilihat oleh para calon jamaah," kata Heri kepada RRI, usai Sidang ke-6 di Ruang Garuda, PN Depok, Rabu, 14 Maret 2018.

Heri juga menambahkan, untuk agenda sidang ke-7 yang sedianya akan digelar pada Senin, 18 Maret 2018, pihaknya akan memanggil sebanyak 13 saksi. Ketiga belas saksi tersebut diantaranya adalah para pegawai First Travel.

Dalam persidangan ke-6 tersebut, Vicky Shu juga mengaku mendapatkan komplain dari sejumlah calon jemaah yang gagal berangkat melalui First Travel. 

"Beberapa korban menanyakan ke saya kebetulan mereka jemaah promo minta tanyain 'kapan saya berangkat'," ujar Vicky Shu di Pengadilan Negeri Depok.

Kemudian menurut Vicky, komplainan tersebut kepada Anniesa Hasibuan dan pihak manajemen.

Diberitakan sebelumnya, Vicky Shu pada Maret 2017 mengaku dibiayai oleh biro perjalanan haji dan umrah First Travel. Kata Vicky, dirinya menjadi jamaah umrah First Travel setelah dirinya mengenal pemilik agen perjalanan itu, Annisa Hasibuan. 

Baca:  Saksi Agen First Travel Mengeluh Biayai Sendiri Puluhan Jamaah Umrah

Vicky Shu pertama kali bertemu Annisa di sebuah acara fashion show di New York, Amerika Serikat. Saat itu dirinya menjadi desainer sepatu, sementara Anissa untuk desainer pakaian.

Pertemanan antara keduanya terus berlanjut hingga berujung pada keikutsertaan Vicky Shu menjadi jamaah umrah First Travel. Vicky pertama kali umrah melalui agen perjalan First Travel pada Maret 2015. Dia membayar uang sebesar Rp 34 juta. 

Namun, Vicky melanjutkan, pada keberangkatan umrah berikutnya tepatnya pada Maret 2017, dirinya mengaku tidak membayar. 

Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500