Gedung Bank Mandiri Foto: bankmandiri.co.id

Uang Nasabah Rp 48 Juta Raib Misterius di Rekening Bank Mandiri

Estimasi Baca:
Selasa, 12 Jun 2018 20:20:03 WIB

Kriminologi.id - Seorang nasabah Bank Mandiri di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Agung Rahman mengaku kehilangan uang hingga puluhan juta rupiah. Pasalnya, saldo tabungan di rekeningnya menghilang secara tiba-tiba, padahal Agung mengaku tidak pernah melakukan transaksi.

“Jumlah tabungan yang tiba-tiba hilang itu mencapai Rp 49.667.000,” kata Agung Rahman, nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Sentul Cikampek, di Karawang, Jawa Barat, Selasa, 12 Juni 2018.

Agung menjelaskan, saldo yang ada di tabungannya sebesar Rp 49,6 juta itu merupakan hasil dirinya menabung selama setahun terakhir. Ia baru mengetahui jika uang di rekeningnya raib setelah mengeceknya pada 10 Juni 2018. 

Saat itu, kata Agung, dirinya kaget karena sisa saldo uang yang ada dalam rekeningnya tinggal Rp 832.324. Itu artinya uang yang berada di rekeningnya hilang sebesar Rp 48,834,676. Padahal, Agung mengaku selama ini tidak pernah melakukan transaksi.

Atas peristiwa raibnya uang hingga puluhan juta itu, Agung kemudian langsung menghubungi pihak Bank Mandiri. Pihak yang mendapatkan laporan demikian langsung melakukan pengecekan. Hasilnya, seperti tak ada yang mencurigakan. Sebab, pihak bank menemukan adanya transaksi pada rekening milik Agung.

"Tapi ini janggal, karena saya merasa tidak pernah melakukan transaksi selama ini," ucapnya.

Karena itu, Agung kemudian melaporkan peristiwa yang dialaminya itu ke Polres Karawang. Kini kasus tersebut ditangani pihak kepolisian setempat. 

Raibnya uang nasabah Bank Mandiri bukan hanya kali saja terjadi. Tiga bulan lalu atau tepatnya sekitar Maret 2018, sejumlah nasabah Bank Mandiri juga kehilangan uang di rekeningnya. 

Nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Graha Pena, Surabaya, Jawa Timur bernama Adit, mengaku saldonya berkurang Rp 1 juta lebih. Hal itu diketahui setelah dia menerima pemberitahuan melalui SMS Banking pada Sabtu, 17 Maret 2018.

 "Padahal saya tidak pernah melakukan transaksi," katanya.

Nasabah lainnya bernama Widodo, mengatakan hal yang sama. Uang di rekening miliknya diketahui berkurang Rp 1,7 juta. Dia mengaku awalnya tidak mengetahui jika saldo rekeningnya berkurang. 

"Temen-temen yang ngasih tahu," ujar pegawai sebuah televisi lokal di Surabaya itu.

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Achmad Sakirin
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500