Ilustrasi korupsi. Ilustrasi: Dwiangga/Kriminologi.id

39 Anggota DPRD Malang Tersangka Korupsi Ternyata Masih Terima Gaji

Estimasi Baca:
Kamis, 6 Sep 2018 22:05:05 WIB

Kriminologi.id - Sebanyak 39 dari 41 anggota DPRD Kota Malang yang menjadi tersangka kasus suap APBD-P Kota Malang ternyata masih menerima gaji. Padahal, sebagian sudah berstatus sebagai terdakwa.

"Kalau yang berstatus tersangka itu tetap menerima gaji dan tunjangan. Kalau yang sudah menjadi terdakwa yang 17 angota DPRD itu hanya menerima gaji pokok saja. Kalau sudah PAW (penggantian antarwaktu) ya sudah gaji dicabut," kata Sekretaris DPRD Kota Malang, Bambang Suharijadi, Kamis, 6 September 2018. 

Bambang menjelaskan, untuk 17 anggota dewan yang sudah berstatus terdakwa hanya mendapat gaji pokok sebesar Rp 2,1 juta. Sedangkan untuk 22 anggota dewan yang baru saja ditetapkan sebagai tersangka masih menerima gaji plus tunjangan sebesar Rp 32 juta. 

Namun ada juga yang sudah tidak menerima gaji, yaitu Moh Arief Wicaksono dari PDI Perjuangan dan Ya'qud Ananda Gudban dari Partai Hanura.

Arief Wicaksono tidak lagi menerima gaji karena sudah divonis lima tahun di Pengadilan Tipikor Surabaya.

Sedangkan Ya'qud Ananda Gudban sudah digantikan oleh Nirma Cris Nindya melalui penggantian antarwaktu (PAW). Ya'quad Andanda mundur dari dewan karena saat itu maju sebagai calon wali kota. 

KOMENTAR
500/500