Pasar Kampung dbangun di Sentani, Jayapura (31/08/2018). Foto: Kemendesa.go.id

Dana Kampung Rp 26,6 M Ditilep, Bupati: Usut Tuntas Siapa Pelakunya

Estimasi Baca:
Jumat, 31 Ags 2018 09:30:58 WIB

Kriminologi.id - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas dugaan penyelewengan dana Program Strategis Pemberdayaan Ekonomi Kampung (Prospek) Papua tahun 2017 senilai Rp 26,6 miliar. Anggaran prospek ini merupakan hak masyarakat kampung. 

"Saya mengharapkan penanganan dugaan dana Prospek Papua tahun 2017 dapat terungkap dengan jelas sehingga pelakunya dapat diproses sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Pelaksana tugas Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, di Biak, Jumat, 31 Agustus 2018.

Bupati Biak Numfor terpilih pada pilkada 2018 itu mengakui pengungkapkan dugaan korupsi dana Prospek Papua sangat ditunggu masyarakat, sehingga siapa pun yang nantinya terlibat dalam penggunaan dananya harus dapat mempertanggungjawabkannya secara hukum.

Dana Prospek Papua, kata dia, sudah seharusnya menjadi hak masyarakat kampung. Karena itu,  semestinya disalurkan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku, sehingga nantinya mampu mengangkat perekonomian masyarakat asli orang Papua di kampung-kampung.

"Supaya tidak ada saling curiga siapa yang menggunakan dana Prospek Papua tahun 2017 maka perlu dilakukan penyelidikan oleh aparat berwenang. Ini menjadi kewenangan aparat penegak hukum untuk menyelidikinya," ujar Herry.

Sejauh ini, dugaan penyelewengan dana Prospek Papua untuk Kabupaten Biak Numfor tahun 2017 masih dalam tahap penyelidikan oleh penyidik Tipikor Satreskrim Polres Biak Numfor.

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Syahrul Munir
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500