Foto: Kriminologi.id/Walda Marison

Datang ke KPK, Mensos Gumiwang Minta Pendampingan Dana Bansos

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 22:05:16 WIB

Kriminologi.id - Sebagai Menteri Sosial yang baru, Agus Gumiwang Kartasasmita meminta pendampingan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penyaluran dana Bansos. 

"Tadi saya sudah minta izin dengan KPK untuk mendapat pendampingan dari deputi bidang pencegahan dan data informasi agar berikan izin bisa melakukan semacam teknis antara Kemensos dan KPK," ujar Agus di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 7 September 2018.

Agus menerangkan, ia telah menyampaikan kepada KPK bahwa ada peningkatan anggaran dana Bansos mencapai 35 persen pada tahun 2018 ini dibanding tahun lalu dengan nilai Rp 54 triliun.

"Ada peningkatan yang luar biasa besar berkaitan dengan program Bansos. Itu salah satu alasan kenapa kami perlu melakukan konsultasi dengan KPK," ujar politikus Partai Golkar ini.

Meski ada peningkatam, Agus mengatakan, penerima dana bansos tak ada perubahan. Sementara yang berubah hanya nilainya.

"Jadi yang menjadi penerima manfaat dari 2018-2019 tak ada perubahan, tetap Rp 10 juta/orang. Yang jadi kebijakan adalah kenaikan dari kualitas bantuan," tutur Agus.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan KPK akan mengawal penyaluran dana bansos agar tersalurkan sesuai peruntukannya.

"Karena nanti kita minta juga supaya data berdasarkan disesuaikan sehingga nanti tak ada lagi yang penerimanya double jadi benar-benar tidak sesuai NIK (nomor induk kependudukan)," tutur Basaria.

Reporter: Dimeitri Marilyn
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500