Eni Saragih Cs Diciduk 12 Penyidik KPK di Rumah Dinas Idrus Marham

Estimasi Baca :

Suasana di Rumah Dinas Mensos Idrus Marham. Foto: Marselinus Gual/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Suasana di Rumah Dinas Mensos Idrus Marham. Foto: Marselinus Gual/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Sebanyak 12 penyidik KPK menciduk Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Eni M Saragih dan delapan orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) di rumah dinas Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham.

Demikian disampaikan saksi yang enggan disebutkan namanya. "Iya ada sekitar 12 orang tadi datang ke sini. Membawa salah satu tamu ibu-ibu," kata saksi tersebut, Jumat, 13 Juli 2018.

Rumah Dinas Mensos Idrus Marham berada di Jalan Widya Chandra IV No.18, Jakarta Selatan. Dari pantauaan Kriminologi.id, rumah Idrus tampak sepi. Hanya terlihat petugas jaga. Seorang pekerja pria di rumah itu mengatakan sang pemilik rumah yakni Idrus Marham sedang ada acara di Banten.

"Tapi di dalam hanya ada istrinya. Bapaknya lagi ke Banten," ungkap pria tersebut.

Namun, saat akan dicecar mengenai informasi lainnya tiba-tiba muncul seorang pria yang memintanya agar ke dalam rumah.

Sekitar pukul 20.30 WIB Direktur Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan Jayamarta mendatangi rumah Idrus. Tak diketahui benar maksud kedatangan Adi Deriyan. 

Sebab, kunjungan yang dilakulan Adi hanya sebentar yakni tak sampai satu jam. "Enggak ada apa-apa. Hanya pantau-pantau saja," kata Adi yang langsung masuk mobil dinasnya.

Anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih Gresik, Jawa Timur. Foto: DPR.go.id
Anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih Gresik, Jawa Timur. Foto: DPR.go.id

Idrus Marham yang ditanya soal keberadaannya saat ini mengaku sedang dalam perjalanan ke DKI Jakarta dari Banten terkait agenda kementerian.

"Iya nanti akan tiba di sana. Masih ada acara kementerian dulu," ucapnya singkat dalam pesan singkat.

Sebelumnya, juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dalam gelaran operasi tangkap tangan (OTT) KPK tim satgas berhasil mengamankan delapan orang lainnya selain Wakil Ketua Komisi VII DPR tersebut. Kedelapan orang tersebut berasal dari berbagai unsur termasuk pihak penyuap dari pihak swasta.

"Dalam OTT kali ini satgas berhasil mengamankan delapan orang. Salah satunya anggota DPR Komisi VII berinisial ES dan pihak swasta," katanya.

Selain mengamankan delapan pihak tersebut, satgas KPK juga berhasil mengamankan barang bukti senilai Rp 500 juta. Uang tersebut diduga kuat adalah barang bukti dari pengamanan sejumlah proyek di Komisi VII DPR.

"Untuk barang bukti misal yang kita peroleh kan uang Rp 500 juta," tutur Febri Diansyah.

Sebagai informasi perkara yang melatarbelakangi OTT yang dilakukan Jumat Sore berkaitan dengan tugas Eni di Komisi VII DPR. Eni dianggap memiliki pengaruh untuk mendahulukan proyek mana yang akan dikerjakan terkait ruang lingkup kerja Komisi VII di bidang energi, riset dan teknologi dan lingkungan hidup. Sebab, Eni merupakan Wakil Ketua Komisi VII dari Fraksi Golkar. 

Sesuai KUHAP, KPK mempunyai waktu 1X24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut.  DM

Baca Selengkapnya

Home Hard News Korupsi Eni Saragih Cs Diciduk 12 Penyidik KPK di Rumah Dinas Idrus Marham

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu