Anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih Gresik, Jawa Timur. Foto: mpr.go.id

Eni Saragih Dijemput KPK Saat Hadiri Ultah Anak Mensos Idrus Marham

Estimasi Baca:
Jumat, 13 Jul 2018 21:05:46 WIB

Kriminologi.id - Anggota DPR Eni Saragih terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Informasi menyebut Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu dijemput di rumah dinas Menteri Sosial Idrus Marham di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Penangkapan Eni Saragih di rumah Mensos Idrus Marham itu telah dibenarkan oleh Maman Abdurrahman, kolega Eni Saragih sesama politikus Partai Golkar. Namun, Maman menyebut Eni dijemput, bukan ditangkap.

"Hari ini tanggal 13 Juli 2018 diadakan acara kecil-kecilan ulang tahun kesatu anaknya Bang Idrus yang bungsu 'Raisa Ismani' di Rumah Dinas Pak Mensos, dimana di acara itu hadir juga beberapa pejabat Kemensos, keluarga dan beberapa temen-temen maupun kolega. Turut hadir di acara itu Mbak ES (Eni Saragih) sekitar pukul 14.00 WIB sebagai tamu undangan beserta saya Juga," kata Maman melalui keterangan tertulis yang diterima Kriminologi.id, Jumat, 13 Juli 2018.

Maman melanjutkan, sekitar pukul 15.00 WIB lalu datang petugas KPK menemui Eni Saragih dan memintanya untuk ikut ke kantor KPK untuk dimintai keterangan dengan menunjukkan Sprindik. Setelah dijemput petugas KPK, Eni Saragih kemudian ijin pamit kepada tuan rumah untuk pergi bersama KPK.

"Jadi perlu saya klarifikasi bahwa tidak ada OTT di rumah Mensos namun lebih tepatnya KPK menjemput ES di rumah pak Mensos," terang Maman.

Maman mengatakan sampai saat ini ia tidak tahu terkait apa koleganya itu dijemput oleh KPK. Ia meminta untuk menunggu penjelasan resmi dari KPK.

"Saya atas nama pribadi turut berduka dan prihatin yang sedalam dalamnya atas kejadian ini," tutup Maman.

Diberitakan sebelumnya, petugas KPK mengamankan Eni Saragih beserta 8 orang lainnya di suatu tempat di Jakarta. 

"Sejauh ini, KPK mengamankan sembilan orang yang terdiri atas unsur anggota DPR RI, staf ahli, sopir, dan pihak swasta," kata Ketua KPK Agus Rahardjo.

Dalam penangkapan itu, KPK mengamankan uang ratusan juta rupiah sebagai barang bukti yang diduga terkait dengan tugasnya di Komisi VII DPR.

"Barang bukti sementara Rp 500 juta. Tunggu konferensi pers besok," tutup Agus.

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500