Giliran Politikus Gerindra M Sanusi Ajukan PK ke MA

Estimasi Baca :

 Terpidana kasus suap rancangan peraturan daerah terkait reklamasi, Mohammad Sanusi memeluk kakaknya M Taufik usai sidang vonis di PN Tipikor, Foto: Antaranews.com - Kriminologi.id
Terpidana kasus suap rancangan peraturan daerah terkait reklamasi, Mohammad Sanusi memeluk kakaknya M Taufik usai sidang vonis di PN Tipikor, Foto: Antaranews.com

Kriminologi.id - Terpidana kasus suap rancangan peraturan daerah terkait reklamasi, Mohammad Sanusi mengajukan Peninjauaan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung. Sanusi menyerahkan berkas PK tersebut melalui kuasa hukumnya Kamis, 12 Juli 2018 kemarin.

Hal ini dibenarkan Humas Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Sunarso melalui pesan singkat.

"Iya benar kemarin kami telah menerima berkas PK dari saudara Mohammad Sanusi melalui kuasa hukumnya," kata Sunarso di Jakarta, Jumat, 13 Juli 2918.

Menurut Sunarso, Pengadilan Tipikor Jakarta telah menunjuk hakim Iim Nurohim untuk memimpin sidang PK Sanusi. Sayangnya, dia belum mengetahui jadwal sidang perdana adik Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik itu. 

"Kalau Hakim Ketua sudah ditunjuk Pak Iim Nurohim tapi jadwal persidangannya kapan belum saya tahu," ucap Sunarso.

Sanusi dihukum tujuh tahun penjara di tingkat pertama atau Pengadilan Tipikor karena terbukti menerima suap Rp 2 miliar dari mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja. Suap tersebut terkait pembahasan peraturan daerah tentang reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Sanusi juga disebut terbukti melakukan pencucian uang sebesar Rp 45 miliar atau tepatnya Rp 45.287.833.773,00.

Komisi Pemberantasan Korupsi menanggapi santai pengajuan PK Sanusi tersebut. Meskipun PK merupakan hak seorang terpidana, namun KPK berharap agar majelis hakim tetap berlaku adil untuk kasus yang telah merugikan negara tersebut.

"Kami tidak akan khawatir sama sekali. Karena itu hak terpidana. Tapi sekali lagi kami berjanji akan kooperatif dan yakin bahwa hakim tidak akan salah memutuskan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Sebelumnya, dua terpidana yakni Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik dan adik kandung Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Malarangeng, Andi Zulkarnaen Mallarangeng atau Choel Malarangeng telah mengajukan PK pada Kamis, 12 Juli 2018.

Selain itu juga ada tiga terpidana yang lebih dulu mengajukan PK, yakni mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, dan mantan Menteri Agama Suryadharma Ali. MG DM

Baca Selengkapnya

Home Hard News Korupsi Giliran Politikus Gerindra M Sanusi Ajukan PK ke MA

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu