Anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih Gresik, Jawa Timur. Foto: Twitter/@DPP_Golkar

Golkar Benarkan Eni Saragih Diciduk KPK

Estimasi Baca:
Jumat, 13 Jul 2018 20:35:44 WIB

Kriminologi.id - Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama delapan orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Jumat, 13 Juli 2018.

Politikus Golkar, Yorris Raweyai membenarkan penangkapan rekan partainya itu. "Oh, ya itu tadi sore," kata Yorris saat dihubungi Kriminologi.id melalui sambungan telpon.

Namun demikian, Yorris mengaku tidak tahu penangkapan Eni ini terkait dengan apa. Dia juga enggan menanggapi ketika dimintai tanggapan Dewan Pusat Pimpinan (DPP) Golkar.

"Nanti ya, saya lagi rapat," ujarnya.

Menurut informasi, sedikitnya sembilan orang yang diciduk KPK dalam operasi ini. Sembilan orang yang terdiri atas unsur anggota DPR RI, staf ahli, sopir, dan pihak swasta.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, setelah ada informasi dari masyarakat yang kemudian dicek ke lapangan, lanjut Agus, ditemukan bukti-bukti telah terjadi transaksi antara swasta dan penyelenggara negara.

"KPK mengamankan uang ratusan juta rupiah. Kami duga terkait dengan tugas di Komisi VII DPR RI, barang bukti sementara Rp 500 juta. Tunggu konferensi pers besok," kata Agus.

Sesuai KUHAP, KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut.

Berdasarkan informasi, Eni Saragih tertangkap tangan di Kompleks DPR Kalibata, Jakarta Timur.

Reporter: Marselinus Gual
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500