Ilustrasi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Ini Daftar Nama Bacaleg Mantan Koruptor Dari PPP

Estimasi Baca:
Rabu, 29 Ags 2018 07:00:09 WIB

Kriminologi.id - Sebanyak tujuh nama bakal calon legislatif atau Bacaleg dari Partai Persatuan Pembangunan atau PPP masuk ke dalam laporan Hasil Identifikasi Bakal Calon Terpidana Korupsi Anggota DPR Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPRD Kota, yang dikeluarkan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia atau Bawaslu per 25 Juli 2018.

Partai yang diketuai Muhammad Romahurmuziy ini nyatanya masih abai terhadap Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 20 Tahun 2018, yang salah satu poinnya melarang mantan narapidana korupsi untuk maju sebagai calon dalam pemilihan legislatif 2019.

Salah satunya adalah Mahmudi Tohpati yang maju di daerah pemilihan (dapil) 3 Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Mahmudi merupakan satu dari 17 anggota DPRD Sragen periode 1999-2004 yang terlibat dalam kasus korupsi berjamaah. Kasus itu bermula saat para anggota dewan setuju untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) APBD yang mengalokasikan dana asuransi bagi mereka sebesar Rp 2,2 miliar pada 2003.

Tidak hanya itu, para anggota dewan juga sepakat memberikan alokasi APBD untuk dirinya sendiri sebesar Rp 27 miliar. Dana sebesar itu disebut sebagai uang penghargaan menjabat anggota dewan selama 1999-2004. Namun, ternyata pengalokasian dana asuransi tersebut dinilai melanggar hukum.

Dalam kasus itu, Pengadilan Negeri (PN) Sragen menjatuhkan vonis satu tahun penjara kepada 17 anggota dewan tersebut pada 22 September 2008. Vonis itu pun dikuatkan Pengadilan Tinggi (PT) Semarang dan Mahkamah Agung (MA). 

Kemudian, pengajuan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Konstitusi (MK) juga ditolak. Dengan demikian, status Mahmudi tetap sebagai terpidana kasus korupsi.

Merujuk pada data yang dikeluarkan Bawaslu, berikut daftar lengkap tujuh nama Bacaleg dari PPP yang teridentifikasi sebagai mantan koruptor.

1. Muh. Zayat Kaimoeddin, Provinsi Sulawesi Tenggara

2. Mitri, Kabupaten Bulungan

3. Imam Hidayat, Kabupaten Deli Serdang

4. Mahmudi Tohpati, Kabupaten Sragen

5. Sugimin, Kabupaten Klaten

6. Koiri, Kabupaten Tulang Bawang Barat

7. Dirtan Hunowu, Kota Gorontalo

Infografik bacaleg mantan koruptor dari PPP. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Penulis: Aditia Tjandra
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500