Komisi Yudisial Sudah Peringatkan PN Tangerang Sebelum OTT KPK

Estimasi Baca :

Ketua Komisi Yudisial, Aidul Fitriciada Azhari. Foto: Setkab.go.id - Kriminologi.id
Ketua Komisi Yudisial, Aidul Fitriciada Azhari. Foto: Setkab.go.id
"Peringatan juga pernah kami sampaikan. Dan rekomendasi juga pernah diutarakan ke MA (Mahkamah Agung). Tapi tidak digubris."

Kriminologi.id - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan atau OTT terhadap seorang hakim dan panitera pengganti di Pengadilan Negeri Tangerang, Senin, 12 Maret 2018. Ketua Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari mengatakan bahwa dirinya tak begitu terkejut terkait OTT KPK karena kerap kali mendengar banyak laporan terkait pungutan liar atau pungli di PN Tangerang.

"Terkejut sih tidak. Karena laporan soal maladministrasi sampai pungli yang kami terima sudah banyak di PN Tanggerang. Peringatan juga pernah kami sampaikan. Dan rekomendasi juga pernah diutarakan ke MA (Mahkamah Agung). Tapi tidak digubris," ujar Ketua KY Aidul Fitriciada kepada Kriminologi melalui sambungan telepon di Jakarta, Selasa, 13 Maret 2018.

Baca: KPK OTT Panitera Pengganti PN Tangerang dan Pemberi Suap

Menurut Aidul, setelah OTT di PN Tangerang, pihaknya terus berkoordinasi dengan KPK. Ia juga mengaku telah mengetahui detail kasus ini.

Kata Aidul, upaya pengamanan perkara perdata yang menjadi penyebab OTT ini terjadi. Hanya saja Aidul enggan menjelaskan informasi yang didapatkannya tersebut.

"Iya saat ini koordinasi masih kami lakukan dengan KPK. Detail, kronologi maupun nilai uangnya sudah kami dapatkan. Tapi belum bisa di-publish karena ini ranah KPK. Tapi yang jelas pengamanan kasus perdata," ujar Aidul.

Baca: OTT Hakim di PN Tangerang, KPK Amankan Sejumlah Uang 

Seorang hakim bidang perdata dan Panitera Pengganti di PN Tangerang terjaring OTT Satgas KPK pada Senin, 12 Maret 2018 malam. Pada OTT kali ini, Satgas KPK mengamankan sejumlah uang sebagai barang bukti.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan bahwa OTT KPK kali ini mengamankan tujuh orang di salah satu Kabupaten/Kota Tangerang. Namun Febri enggan menjelaskan lokasi persisnya ketujuh orang itu terjaring OTT. MG

Baca Selengkapnya

Home Hard News Korupsi Komisi Yudisial Sudah Peringatkan PN Tangerang Sebelum OTT KPK

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu