Ilustrasi Suap Gubernur. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

KPK Kembali Tahan Eks Anggota DPRD Sumut Penerima Suap Gatot Pujo

Estimasi Baca:
Rabu, 8 Ags 2018 18:45:56 WIB

Kriminologi.id - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menahan mantan anggota DPRD Sumatera Utara yang menjadi tersangka penerima suap Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. Tersangka yang ditahan itu adalah Elezaro Duha.

"ELD (Elezaro) ditahan 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur. Penahanan ini untuk mendalami kelanjutan perkara suap yang mengaitkan terpidana korupsi GPN (Gatot Pujo Nugroho)," kata Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis, 8 Agustus 2018.

Pemberian suap kepada anggota DPRD Sumut ini terungkap berdasarkan keterangan Gatot Pujo yang lebih dulu ditetapkan menjadi tersangka.

Nyanyian Gatot kepada KPK memastikan pada kasusnya tidak ada satu orang pun yang lolos menerima aliran uang Rp 300 juta hingga Rp 350 juta kepada 38 eks anggota DPRD.

Elezaro adalah tersangka kesebelas yang ditahan oleh KPK terkait kasus tersebut. Setelah sebelumnya KPK telah menahan Fadly Nurzal, Rijal Sirait, Rooslynda Marpaung, Helmiati, Muslim Simbolon, Rinawati Sianturi, Sonny Firdaus, Mustofawiyah, Tiaisah Ritonga, dan Arifin Nainggolan.

Para tersangka ini ditetapkan sebagai tersangka lantaran terlibat upaya persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk Tahun Anggaran 2012-2014 oleh DPRD Sumut. Termasuk upaya perbaikan Persetujuan Perubahan APBD Provinsi Sumut Tahun 2013-2014 oleh DPRD Sumut.

Tak hanya itu, kasus ini terkait pengesahan APBD tahun anggaran 2014-2015 dan penolakan penggunaan hak interpelasi anggota DPRD Sumut pada 2015. RZ

Reporter: Dimeitri Marilyn
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500