Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat diwawancari soal penggeledahan Lapas Sukamiskin Bandung. Foto: Walda Marison/Kriminologi.id

KPK Seleksi Lima Calon Dirdik Terpilih Gantikan Aris Budiman

Estimasi Baca:
Rabu, 1 Ags 2018 13:35:55 WIB

Kriminologi.id - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah menyeleksi lima calon Direktur Penyidikan KPK. Lima orang terpilih itu berhasil mengalahkan puluhan lain yang telah dilakukan sejak akhir Mei 2018. Posisi Dirdik KPK ini akan menggantikan kursi Brigjen Pol Aris Budiman yang sudah selesai kontraknya dengan KPK.

"Tes dilakukan sejak akhir Mei 2018. Empat orang itu terdiri dari dua unsur. Untuk unsur Polri ada Arief, Adiharsa, Yudhiawan dan R.Z Panca Putra serta dari unsur Kejaksaan dan satu pihak internal yang dirahasiakan," kata Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa, 1 Agustus 2018.

Kombes Arief Adiharsa adalah kasubdit I Direktorat Tipikor Bareskrim, sementara Kombes Pol R.Z Panca Putra merupakan Wadirtipidum Bareskrim Polri dan satu lagi Kombes pol Yudhiawan. 

Sedangkan calon yang berasal dari unsur Kejaksaan adalah Yudi Kristiana. Yudi sempat menjadi jaksa penuntut umum yang bekerja di KPK pada 2011-2015. Yudi pernah menangani sejumlah kasus yang menyorot perhatian publik, seperti Anas Urbaningrum, OC Kaligis, hingga Patrice Rio Capella.

Yudi pada akhir 2015 dipindahkan menjadi Kepala Bidang Penyelenggara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Balitbang Kejaksaan Agung dan sejumlah jabatan lain hingga akhirnya saat ini menjadi Kajari Salatiga, Jawa Tengah.

Sementara satu lagi dari unsur internal KPK masih dirahasiakan namanya.

Proses seleksi ini, kata Febri, sudah dilakukan berbagai tahap. Mulai dari tahapan seleksi administrasi, tes potensi calon, asesmen kompetensi atau kemampuan soft skill seperti Bahasa Inggris dan tes Kesehatan. Yang terakhir adalah tes wawancara terhadap para pimpinan KPK.

"Tahap akhir tes sudah dilakukan kemarin yaitu tes wawancara. Para kandidat langsung diwawancarai oleh 5 Pimpinan KPK," ujar Febri Diansyah.

Sementara untuk Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (Dep PIPM) yang sebelumnya dijabat Pelaksana Tugas Hary Budiarto juga akan diganti termasuk Direktorat Pengawas Internal telah resmi dijabat Subroto.

Sebelumnya, proses seleksi untuk posisi Dirdik sudah dilakukan sejak lama dan secara diam-diam. Proses seleksi itu terjadi pada Mei 2018. Dari puluhan orang yang berminat, KPK menyaring 13 orang, sampai kini tinggal lima orang tersisa. Tiga orang asal Polri, satu orang pihak Kejaksaan dan seorang lainnya dari pihak internal KPK. 

Reporter: Dimeitri Marilyn
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500