Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Febri Diansyah saat memberikan keterangan terkait operasi tangkap tangan (OTT) Foto: Dimeitri Marilyn/Kriminologi.id

KPK Tangkap 3 Orang Lagi Terkait OTT Eni Saragih

Estimasi Baca:
Sabtu, 14 Jul 2018 13:50:43 WIB

Kriminologi.id - Ada tiga orang lagi yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap anggota DPR Eni Saragih pada Jumat, 13 Juli 2018. Total KPK telah mengamankan 12 orang dalam gelaran OTT ini.

"Tiga orang dari pihak yang masih terkait dengan anggota DPR yang diamankan kemarin. Mereka dinilai mengetahui bagian dari rangkaian peristiwa dalam kasus ini," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulis kepada media di Jakarta, Sabtu, 14 Juli 2018.

Febri menuturkan, tiga orang yang diamankan penyidik KPK itu juga telah dibawa ke gedung KPK di Kuningan untuk menjalani pemeriksaan.

Menurut Febri, tiga orang yang ditangkap pada malam hari itu dinilai mengetahui kasus yang menyeret Eni Saragih.

Namun Febri belum bersedia membuka identitas para pihak yang telah diamankan KPK dalam operasi senyap pada Jumat, 13 Juli 2018 sore hingga malam hari itu.

KPK sebelumnya menangkap Eni Saragih di rumah dinas Menteri Sosial Idrus Marham di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Dengan menunjukkan sprindik, penyidik KPK menjemput Eni yang sedang berada di rumah tersebut dalam rangka menghadiri acara ulang tahun anak Idrus.

Penangkapan Eni diduga terkait dengan transaksi yang berhubungan dengan posisinya sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI yang membidangi masalah energi sumber daya mineral, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan ada barang bukti uang ratusan juta yang diamankan dalam penangkapan Eni cs.

"Kami duga terkait dengan tugas di Komisi VII DPR RI, barang bukti sementara Rp 500 juta. Tunggu konferensi pers besok," kata Agus.

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500