Ilustrasi pemerasan di Pemkab Gresik. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Oknum Inspektorat Pemkab Gresik Peras Pegawai Rp 150 Juta

Estimasi Baca:
Kamis, 6 Sep 2018 20:15:20 WIB

Kriminologi.id - Tim Saber pungli Satreskrim Polres Gresik menangkap oknum Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gresik berinisal WWN. Ia diduga melakukan pemerasan terhadap pegawai Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) senilai Rp 150 juta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dugaan pemerasan itu terjadi karena korban sedang dilanda masalah yang sedang ditangani Inspektorat. Kondisi itu dimanfaatkan pelaku untuk melancarkan aksinya.

Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan, pemerasan bermula ketika pelaku meminta uang sebesar RP 250 juta. Namun, korban merasa keberatan, hingga terjadi negosiasi antarkeduanya.

Kemudian keduanya menyepakati uang sebesar Rp 150 juta. Atas kesepakatan ini, salah satu staf Diskoperindag diutus mengirim uang tersebut ke ruangan pelaku di lantai III Kantor Bupati Gresik.

Mendengar informasi tersebut anggota Unit Tipiter Satreskrim Polres Gresik bergerak ke lokasi dan melakukan penangkapan. Dua orang diamankan ke Mapolres Gresik.

Wahyu menjelaskan, saat proses penangkapan, uang tersebut sudah berada di dalam brankas. Oleh sebab itu, perlu bukti-bukti lain untuk memperkuat dugaan pegawai negeri sipil dari Inspektorat itu melakukan pemerasan.

Mantan Kapolres Bojonegoro tersebut menjelaskan, saat ini sudah ada dua orang saksi yang dimintai keterangan. Barang bukti berupa uang Rp 140 juta lebih sudah diamankan. 

Terkait dengan tersangka, menurut Wahyu, polisi belum menetapkan siapapun menjadi tersangka. Sebab masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

"Sementara belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka. Kami masih butuh proses untuk menerapkan pasalnya," kata Wahyu menambahkan.

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: beritajatim.com
KOMENTAR
500/500