Gedung Pengadilan negeri Medan. Foto: www.pn-medankota.go.id

OTT KPK di PN Medan, Ini Nama Hakim dan Panitera yang Terciduk

Estimasi Baca:
Selasa, 28 Ags 2018 15:20:18 WIB

Kriminologi.id - Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan Erintuah Damanik membenarkan ada 8 orang yang terciduk operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diantaranya Ketua dan Wakil Ketua PN Medan.

"Iya sekitar Pukul 09.00 WIB tadi ada petugas dari KPK Pusat. Bawa beberapa orang. Kami belum dapat informasi terkait kasus apa. Karena penggeledahan masih berlangsung sekarang," kata Erintuah Damanik kepada Kriminologi.id, Selasa, 28 Agustus 2018.

Menurut Erintuah, selain melakukan penggeledahan, KPK juga mengintrogasi beberapa orang. Mereka adalah Ketua PN Medan Marsudin Nainggolan dan Wakil Ketua Wahyu Prasetyo Prabowo.

KPK juga menangkap dua hakim yakni Sontan Marauke, Merry Purba dan panitera pengganti Oloan Sirait, dan Elfanfi. Namun Erintuah memastikan dari interogasi tersebut tidak semuanya dibawa oleh penyidik.

"Tadi sudah dibawa beberapa Pak WP dan MN dan Panitera juga ada yang dibawa. Kalau tidak salah untuk hakim lebih dari dua. Tapi sepertinya bukan kasus OTT tapi pengembangan," ujar Erintuah.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang membenarkan OTT tersebut.

"Benar kami telah mengamankan beberapa orang ada delapan orang kira-kira. Diantaranya adalah hakim PN Medan. Mereka adalah pimpinan di PN Medan," kata Saut.

Menurut Saut, penangkapan beberapa orang di PN Medan berkaitan dengan perkara korupsi yang sedang diperkarakan di PN tersebut. Akan tetapi Saut tidak bisa menjelaskan detail dari perkara korupsi tersebut.

"Sedang proses diadili perkara korupsi. Tapi kami belum bisa menjelaskan perkara korupsi tersebut nanti saja setelah konferensi pers," ujar Saut.

Reporter: Dimeitri Marilyn
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500