Sidang Perdana Zumi Zola Digelar di Tipikor. Foto: Dimeitri Marylin/Kriminologi.id

Pengusaha Biayai Pelantikan Zumi Zola hingga Bayar Sewa Kantor DPD PAN

Estimasi Baca:
Kamis, 6 Sep 2018 13:50:02 WIB

Kriminologi.id - Direktur PT Arta Graha Persada Imaduddin alias Iim mengaku membiayai akomodasi pengurus Dewan Pimpinan Daerah atau DPD Partai Amanat Nasional ke Jakarta serta pembayaran "billboard" untuk Zumi Zola.

Iim bersaksi untuk Gubernur Jambi 2016-2021 Zumi Zola Zulkifli yang didakwa menerima gratifikasi Rp 40,477 miliar ditambah USD 177,3 ribu dolar (sekitar Rp 2,594 miliar) serta SGD 100 ribu (sekitar Rp 1,067 miliar) sehingga totalnya mencapai Rp 44,138 miliar dan mobil Alphard serta menyuap anggota DPRD Jambi senilai Rp 16,49 miliar.

Feri adalah salah seorang rekanan di pemerintah provinsi Jambi, sedangkan Apif adalah Apif Firmansyah yaitu bendahara tim sukses pemilihan Gubernur Jambi sekaligus sebagai asisten pribadi Zumi Zola yang salah satu tugasnya mencari dana untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan Zumi serta keluarganya.

"Pak Feri memanggil saya, minta tolong disiapkan akomodasi ke Jakarta untuk pengurus DPP PAN kota. Pak Feri minta saya bertemu Apif, dia yang akan menjalankan sepenuhnya, tiket, hotel, mobil rental untuk 25 orang," kata Iim di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis, 6 September 2018.

"Akomodasi itu untuk berangkat pelantikan Zumi Zola sebagai gubernur Jambi dari PAN, total seluruhnya mencapai Rp 75 juta," imbuh Iim.

Selain akomodasi untuk anggota DPD PAN, Iim juga masih membayari sewa kantor DPD PAN senilai Rp 60 juta. "Yang minta (dibayari) Apif dan langsung diberikan ke pemilik rumah namanya Iskandar Zulkarnaen. Total sewa Rp 160 juta yang Rp 100 jutanya dari Apif," ujar Iim.

Pembayaran itu untuk sewa kantor DPD PAN selama 2 tahun.

"Apif juga menyuruh saya memasang baliho Zumi Laza di 10 titik senilai Rp 70 juta. Di situ ada foto Zumi Laza karena diminta Apif lalu saya bayar ke yang punya advertising," tambah Iim.

Dalam dakwaan, Zumi Zola disebut menerima sejumlah gratifikasi, termasuk biaya akomodasi pengurus Dewan Pengurus Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Jambi saat pelantikan Zumi Zola pada Februari 2016 di Jakarta senilai Rp 75 juta.

Pembayaran pembuatan 10 spanduk dan sewa 10 titik lokasi 'billboard' pada Maret 2016 guna perkenalan Zumi Laza sebagai calon Wali Kota Jambi 2018 sejumlah Rp 70 juta.

Pembayaran kekurangan sewa dua tahun Kantor DPD PAN Kota Jambi di Jalan M. Yamin Kota Baru Jambi pada April 2016 sejumlah Rp 60 juta untuk memenuhi permintaan Zumi Laza.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500