Gedung Pengadilan negeri Medan. Foto: www.pn-medankota.go.id

Penyuap Hakim PN Medan Menyerahkan Diri, Ditahan di Rutan KPK

Estimasi Baca:
Selasa, 4 Sep 2018 20:40:12 WIB

Kriminologi.id - Hadi Setiawan, tersangka suap hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan yang sempat menghilang akhirnya menyerahkan diri di Sidoarjo, Jawa Timur. Ia langsung dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ditahan 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di belakang Gedung Merah Putih KPK," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa 4 September 2018.

Pada Rabu, 28 Agustus 2018, KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus usai melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di PN Medan.

Keempat tersangka itu adalah hakim Merry Purba, panitera pengganti Helpandi sebagai tersangka penerima suap, dan Tamin Sukardi dan Hadi Setiawan sebagai tersangka pemberi suap.

Saat itu, hanya Merry Purba, Helpandi, dan Tamin Sukardi yang ditahan KPK. Sementara Hadi Setiawan saat itu masih dalam pencarian karena tak ikut terciduk dalam OTT tersebut.

Usai mengumumkan penetapan tersangka itu, KPK mengimbau kepada Hadi Setiawan yang merupakan orang kepercayaan Tamin Sukardi untuk menyerahkan diri.

KPK pun telah mengeluarkan perimintaan cekal ke luar negeri terhadap Hadi Setiawan selama 6 bulan.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500