Dok. Roy Suryo. Foto: Antara

Saran KPK untuk Roy Suryo, Kembalikan 3.226 Barang Milik Negara

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 06:05:49 WIB

Kriminologi.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan agar Roy Suryo segera mengembalikan barang milik negara setelah tidak lagi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Hal itu sesuai permintaan dari Kemenpora berdasarkan audit BPK.

"Terkait dengan surat dari Menpora dengan aset-aset itu, jadi tadi saya sudah dapat informasi bahwa memang ada temuan-temuan BPK yang harus ditindaklanjuti," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 6 September 2018.

Febri mengatakan, KPK pun mengharapkan dalam konteks pencegahan, aset yang memang dimiliki oleh negara itu bisa dipulihkan dan dikembalikan ke negara.

"Kalau memang itu persoalan administratif tentu bisa diselesaikan secara administratif," ujar Febri.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan Kemenpora, terdapat 3.226 unit barang milik negara yang masih belum dikembalikan oleh Roy Suryo usai tak lagi menjabat sebagai Menpora.

Terkait hal ini, Kemenpora pun telah menyurati Roy Suryo, agar segera mengembalikan barang milik negara itu.

Surat tersebut tertanggal 1 Mei 2018 dan ditandatangani oleh Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto. Tembusan surat itu antara lain kepada Menpora Imam Nahrawi, anggota II BPK RI, Penanggung Jawab Tim BPK di Kemenpora, dan Ketua Tim Pemeriksa BPK RI di Kemenpora.

Terkait surat dari Kemenpora itu, pengacara Roy Suryo, Tigor Simatupang menyebut kliennya menerima surat lampiran berisi daftar barang-barang yang harus dikembalikan. Tapi, menurutnya, surat dari Kemenpora tertanggal 1 Mei 2018 itu belum diterima.

Dalam surat tersebut, terdapat sejumlah barang-barang yang harus dikembalikan oleh kliennya itu kepada negara, antara lain, sendok, bor, kabel, dan pompa air.

Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500