Dok. Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. Foto: dpr.go.id

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan Diperiksa KPK Soal Pembahasan APBN

Estimasi Baca:
Rabu, 5 Sep 2018 16:45:32 WIB

Kriminologi.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Taufik Kurniawan. Taufik dimintai keterangan soal mekanisme pembahasan APBN di DPR terkait penanganan perkara yang tengah ditangani KPK.

"Untuk menjelaskan terkait dengan mekanisme penganggaran di DPR. Artinya pembahasan mekanisme yang terkait pembahasan proses APBN sudah saya sampaikan ke penyelidik," kata Taufik usai dimintai keterangan di gedung KPK, Jakarta, Rabu, 5 September 2018.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku telah memberikan penjelasan secara keseluruhan tentang mekanisme pembahasan APBN di DPR. Namun, Taufik enggan menjelaskan dalam kasus apa ia dimintai keterangan oleh KPK.

"Seluruh umum dari mekanisme pembahasan APBN secara umum secara tatib. Semua yang saya ketahui sudah saya sampaikan ke penyidik," katanya.

Usai menjalani pemeriksaan, Taufik mengaku mengapresiasi proses yang dilakukan KPK untuk memintai keterangan kepada pimpinan DPR terkait proses pembahasan APBN di DPR.

"Saya kan Wakil Ketua DPR bidang ekonomi keuangan, saya apresiasi prosesnya sangat ramah semua terkait mekanisme penganggaran di DPR sudah saya sampaikan semua," kata Taufik.

Saat ini, KPK tengah mengusut kasus suap usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN-P tahun anggaran 2018.

Dalam kasus tersebut, KPK menetapkan anggota DPR Amin Santono dan pejabat Kementerian Keuangan Yaya Purnomo sebagai tersangka.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500