Kebonwaru Bandung, Jawa Barat tertangkap basah membawa tembakau jenis gorila, Kamis (6/9/2018), Foto: Arief Pratama/Kriminologi.id

2 Napi Bawa Tembakau Gorila, Kepergok Usai Sidang di PN Bandung

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 13:30:41 WIB

Kriminologi.id - Dua narapidana Ruang Tahanan (Rutan) Kebonwaru Bandung, Jawa Barat tertangkap basah membawa tembakau jenis gorila sebanyak 10 gram. Peristiwa itu terjadi saat keduanya baru saja menjalani sidang di Pengadilan Negeri Bandung dalam kasus narkoba pada Kamis, 6 September 2018.

Kepala Rutan Kebonwaru Bandung, Heri mengatakan, dua napi itu yakni Edi (40) dan Candra (27) diamankan saat hendak masuk ke dalam kamar di blok timur Rutan Kebonwaru.

Sesuai Protap, setiap warga binaan harus melalui serangkaian pemeriksaan sebelum masuk kembali ke sel mereka masing-masing.

Heri menambahkan, saat menggeledah 30 warga binaan, dua pelaku terlihat melakukan gerakan mencurigakan yakni membuang kertas koran. Melihat gerakan mencurigakan tersebut, kedua pelaku kemudian dipisahkan dari tahanan lainnya.

"Saat kami geledah, ada sisa lakban di celana dalamnya dan saat bungkusan kertas koran. Kami cek, ada serbuk gorila yang kami temukan," kata Heri di Rutan Kebonwaru Bandung, Jumat, 7 September 2018.

Mendapati barang bukti tersebut, Edi dan Candra tak bisa berkutik lagi. Oleh petugas, kedua pelaku kemudian digelandang ke ruangan isolasi dan selanjutnya menjalani pemeriksaan.

Kepala Pengamanan Rutan Kebobwaru Bandung, Alviantino menambahkan, Edi dan Candra merupakan narapidana kasus narkotik. Edi sudah divonis selama 1,6 bulan, sedangkan Candra masih dalam proses sidang.

Dari hasil pemeriksaan, kata Alviantino, tembakau gorila itu diperoleh Edi dari seorang temannya. Edi memesan tembakau gorila saat teman yang belum diketahui identitasnya itu mengunjungi dia di PN Bandung pekan lalu.

"Dia memesan sejak Kamis pekan lalu, dan Kamis kemarin gorila diserahkan ke Edi melaui seorang kurir di sel tahanan tunggu di PN Bandung," ujar dia.

Pascakasus tersebut, kata dia, petugas Rutan Kebobwaru melakukan pengecekan ke seluruh kamar para warga binaan. "Kami lakukan pengetatan dengan melakukan razia ke kamar para warga binaan," kata Alvianto.

Reporter: Arief Pratama
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500