Ilustrasi pencurian. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Petugas Bea Cukai Terlibat Pencurian 50 Kg Narkotika di Gudang Pabean

Estimasi Baca:
Senin, 6 Ags 2018 21:15:31 WIB

Kriminologi.id - Dua petugas Bea Cukai Malaysia terlibat pencurian 50 kilogram narkotika dari gudang penyimpanan barang bukti pabean. 

Pencurian itu terjadi pada Minggu, 5 Agustus 2018, saat komplotan yang berjumlah 5 orang menjarah barang bukti narkotika yang disimpan di Departemen Narkotika pabean di Negeri Sembilan. 

"Para tersangka itu melarikan diri dengan tujuh kotak diyakini berisi ketamin dan heroin dengan perkiraan berat 50 kilogram," tutur Dirjen Bea Cukai Malaysia Subromaniam Tholasy di Kuala Lumpur seperti dilansir Reuters, Senin, 6 Agustus 2018.

Subromaniam mengatakan, usai pencurian itu, Bea Cukai langsung mengerahkan anggotanya yang bersenjata lengkap untuk memperketat penjagaan di lokasi pencurian.

Meski tidak mengumumkan nilai narkotika yang dicuri itu, namun sejumlah media lokal memperhitungkan narkotika yang dicuri tersebut bernilai sekitar 30 juta Ringgit atau sekitar Rp 74 miliar.

Subromaniam mengatakan, pelaku pencurian kini telah ditangkap dan ditahan untuk menjalani pemeriksaan.

"Semua lima tersangka telah ditahan untuk 6 hari terhitung mulai hari ini. Investigasi polisi sedang berlangsung," katanya.

Ia mengatakan, selain polisi yang menangani kasus pencurian narkotika ini, Bea Cukai juga telah memulai penyelidikan internal dalam kasus tersebut.

Menurutnya, tak menutup kemungkinan ada beberapa pihak di departemen bersangkutan yang telah memfasilitasi pencurian barang bukti narkotika itu.

"Para perwira yang terlibat akan dipecat," kata Subromaniam.

Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500