Rilis pabrik sabu di Cipondoh, Tangerang, oleh Polres Metro Jakarta Barat. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Phen Chun Jalankan Pabrik Sabu di Cipondoh, Tangerang Seorang Diri

Estimasi Baca:
Rabu, 8 Ags 2018 20:50:47 WIB

Kriminologi.id - Antonius Wongso alias Pheng Chun (56), tersangka kasus penggerebekan pabrik pembuatan sabu-sabu di kawasan Cipondoh, Kota Tangerang, diketahui hanya bekerja seorang diri dalam bisnis haramnya itu.

Sebab, dari pemeriksaan sementara tak hanya sebagai koki atau pembuat sabu-sabu, pria tua itu juga berperan banyak dalam pembuatan hingga peredarannya.

"Dia bekerja sendiri, mulai dari sebagai koki, tester, hingga kurir yang mengantar ke pemesan," ucap Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi di lokasi, Rabu, 8 Agustus 2018.

Meski hasil pemeriksaan sementara menyebut hanya bekerja seorang diri, Hengki mengungkapkan, adanya dugaan tersangka terlibat dalam jaringan lapas. Sebab, dari data latar belakang tersangka Antonius Wongso alias Pheng Chun merupakan residivis kasus serupa. 

Namun, Hengki belum dapat memastikan keterkaitan tersangka dalam jaringan lapas lantaran hingga saat ini pihaknya masih mendalami keterangannya. 

"Ada dugaan pelaku terlibat dalam jaringan lapas tapi masih kita dalami," kata Hengki.

Bahkan, Hengki menyebut, sabu-sabu buatan tersangka termasuk dalam sabu-sabu dengan kualitas terbaik yang hampir sama dengan sabu-sabu asal luar negeri.

"Hasilnya lebih baik dari yang beredar dari yang pasar. Lebih bagus di mata pengguna karena kadar metaphitamin lebih tinggi," kata Hengki.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500