Rilis kasus penjambret Tenda Orange yang tewas ditembak di Mapolres Metro Jakarta Barat (4/7/2018). Foto: Rizky Aditya/Kriminologi.id

Polisi Bongkar Jaringan Pemasok Sabu ke Kelompok Tenda Orange

Estimasi Baca:
Jumat, 3 Ags 2018 21:30:57 WIB

Kriminologi.id - Anggota Satuan Narkoba Polisi Reserse Metro Jakarta Barat (Polrestro Jakbar) membongkar jaringan pemasok narkotik jenis sabu-sabu ke kelompok jambret Teluk Gong atau yang biasa disebut Tenda Orange. Polisi mendapatkan barang bukti berupa sabu-sabu seberat 500 gram yang disimpan di dua kotak susu.

"Kami telah meringkus salah seorang anggota jaringan pemasok tersebut, yaitu FJ yang ditangkap di Samala Hotel Jakarta Cengkareng, Jakarta Barat, pada hari Kamis (19/7)," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz di Jakarta, Jumat, 3 Juli 2018.

Erick menjelaskan, dalam penggerebekan tersebut satu orang berhasil diringkus, sedangkan seorang lainnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Selain itu, polisi juga berhasil menyita 500 gram sabu.

Erick mengatakan, perburuan terhadap jaringan pemasok narkoba itu memakan waktu cukup lama. Polisi berulang kali membuntuti pelaku ke luar Jakarta.

"FJ selalu berpindah-pindah. Pelaku pernah kabur ke Kabupaten Garut dan Yogyakarta, sebelum akhirnya tertangkap di Jakarta," tambahnya.

Kini, polisi sedang memburu pria berinisal AG, anggota dari jaringan tersebut. Diduga jaringan tersebut mengedarkan narkoba sampai ke kelompok Tenda Orange yang merupakan kelompok jambret di Jakarta.

Sebelumnya, tiga anggota komplotan jambret Tenda Orange ditembak mati petugas Polres Metro Jakbar karena berupaya meperlawanan. Ketiga penjembret yang berinisial FS, RB dan MS itu terbukti kecanduan narkoba yang mengandung zat amphetamine dan methaphetamine.

Ketiga pelaku itu kerap beraksi menjambret dan melakukan pencurian dengan kekerasan di wilayah Jakarta

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500