Richard Muljadi cucu konglomerat. Foto: richardmuljadi/instagram

Richard Muljadi Tak Kenal Pemasok Kokain Inisial ML, Kata Pengacaranya

Estimasi Baca:
Kamis, 30 Ags 2018 18:20:23 WIB

Kriminologi.id - Hotma Sitompul, kuasa hukum Richard Muljadi yang tersandung narkoba menyebut kliennya itu tidak mengenal sosok ML yang disebut sebagai pemberi kokain. Namun Hotma enggan menjelaskan adanya keterangan Richard mengenai sosok ML.

"Ini kan BAP (berita acara pemeriksaan) ya, saya enggak mungkin menyebutkan materi penyidikan. Kalau dia (Richard) bilang sih, enggak kenal, mungkin hanya tau namanya atau bagaimana," kata Hotma dihubungi Kriminologi.id di Jakarta, Kamis, 30 Agustus 2018.

Hotma mengatakan, cucu konglomerat Kartini Muljadi itu tidak mengetahui identitas lengkap ML yang disebut memberikan kokain kepadanya. Hotma menyebut, seseorang yang memberikan barang terlarang biasanya tidak ingin diketahui identitasnya secara umum.

Sebelumnya, Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Suwondo Nainggolan sebelumnya mengatakan, Richard memberikan pengakuan berbeda tentang pemasok barang haram tersebut.

Saat menjalani pemeriksaan awal di kepolisian, Richard mengaku barang haram itu didapatkan dari seorang berinisial ML. Akan tetapi pengakuan itu kembali berubah setelah kondisinya kembali segar, atau tidak lagi dalam pengaruh kokain.

"Kita waktu memeriksa di awal dia (Richard) menyebut nama ML, tapi itu masih beberapa jam setelah ditangkap. Tapi setelah kita periksa saat dia sudah segar, dia menyebut nama lain tapi inisial ML juga," ucap Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Suwondo Nainggolan kepada Kriminologi.id saat dihubungi, Kamis, 30 Agustus 2018.

Namun, Suwondo menampik saat disinggung mengenai identitas dari ML itu adalah seorang artis indonesia seperti rumor yang beredar. Ia beralasan saat ini belum bisa membuka identitas pria berinisial ML itu secara gamblang lantaran masih dalam tahap penyidikan.

Akan tetapi, dari hasil pemeriksaan hingga saat ini Richard diketahui tidak mendapatkan kokain itu di restoran yang merupakan lokasi penangkapannya. Kokain ia dapatkan setelah bertransaksi di pinggir jalan.

Sayangnya, saat kembali disinggung mengenai lokasi transaksi kokain itu, Suwondo enggan menjelaskan hal itu dengan alasan masih dalam penyelidikan.

"Dia ini transaksi di jalan, pokoknya di wilayah Jakarta Selatan," kata Suwondo. 

Hal yang sama dinyatakan Hotma. Dia mengatakan hal tersebut merupakan ranah penyidikan polisi. "Saya enggak bisa omong soal materi penyidikan," kata Hotma.

Menurut Hotma, saat ini kondisi Richard sudah stabil. Pada Rabu, 29 Agustus 2018 kemarin, keluarga telah mengajukan rehabilitasi bagi Richard.

"Tapi belum ada jawaban dari polisi," ujar dia.

Reporter: Marselinus Gual
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500